Contoh Surat Lamaran Pekerjaan - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan


Pekerjaan adalah satu hal yang sangat fundamental bagi setiap orang karena pastinya sebagai manusia kita sangat membutuhkan biaya atau uang. Karena jika kita tak mempunyai uang atau biaya sama sekali untuk menghidupi diri, kita bisa mati karena tak mampu untuk membeli berbagai kebutuhan hidup, seperti makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan pelengkap seperti TV, sepatu, tas, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan uang demi membiayai hidup, kita harus bekerja, entah itu kerja di bawah naungan sebuah perusahaan atau dengan membuka usaha milik sendiri atau disebut juga pengusaha. Kebanyakan orang saat ini lebih memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan ketimbang membuka lapangan pekerjaan, karena kurang mempunyai kemauan, tidak mau mengambil resiko, atau bisa juga dikarenakan tidak memiliki keahlian khusus.

Contoh surat lamaran yang disampaikan Skipnesia.com Insya Allah memiliki format yang baik. Berbicara mengenai pekerjaan, memiki pekerjaan dengan gaji tetap tiap bulannya merupakan salah satu keinginan banyak orang Indonesia, karena memang saat ini bisa dikatakan mencari pekerjaan merupakan hal yang sulit, karena selain saingan yang sangat banyak, kita juga dituntut untuk memiliki pengalaman bekerja ataupun skill diatas rata-rata, jadi bukan hanya CV yang bagus saja. Padahal peluang usaha di negara kita cukup banyak, namun lebih banyak yang memilih untuk menjadi seorang pegawai ketimbang pengusaha, salah satu alasannya ialah menjadi pegawai memiliki penghasilan yang tetap tiap bulannya, jadi lebih aman ketimbang pengusaha yang lebih banyak resikonya. Namun apapun pekerjaannya, selama itu halal alangkah baiknya kita tetap bersyukur dan tidak merendahkan pekerjaan atau profesi orang lain.

Pandangan masyarakat kita saat ini mengenai pekerjaan seakan latah mengatakan bahwa kerja adalah mendapat gaji, kerja yang bagus adalah bekerja dengan mendapatkan gaji yang tinggi. Padahal hal itu tidak sepenuhnya tepat, apakah benar jika pengusaha kaya raya itu mendapat gaji? Tentunya tidak, karena ia mendapatkan uang hasil bekerja diatas kaki sendiri, bukan bekerja yang diatur oleh atasan atau bos. Berbicara mengenai pekerjaan di perusahaan, sebelumnya harus adalah langkah-langkah yang kita jalani, salah satunya ialah proses melamar kerja. Dalam sebuah proses lamaran kerja tersebut, biasanya perusahaan yang kita minati akan menyeleksi para calon pekerja dengan mewajibkan membawa atau mengirimkan surat lamaran kerja via email.

Di berbagai situs website, koran, atau TV sudah banyak bertebaran lowongan kerja yang bisa Anda lamar sesuai skill atau kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai passion di bidang pemrograman, tentunya Anda bisa melamar kerja menjadi programer di salah satu perusahaan IT. Kembali ke surat lamaran kerja, dalam tata cara membuat surat lamaran dibutuhkan kemampuan menulis yang baik dari Anda, serta kreativitas tentunya. Satu hal yang berpengaruh diterima atau tidaknya Anda bekerja di instansi terkait adalah surat lamaran yang Anda kirimkan, pastinya perusahaan akan menilai mulai dari aspek penulisan, kerapihan, formatnya, dan kreativitasnya.


Jika Anda berhasil membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian pimpinan perusahaan, setidaknya hal itu sudah menjadi nilai yang positif dan memperbesar peluang Anda untuk diterima meskipun secara pengalaman, diri Anda masih minim. Karena perusahaan bukan hanya menilai skill saja, sikap yang disiplin, rajin, dan penuh tanggun jawab menjadi penilaian juga. Bahkan ada perusahaan yang menerima pelamar yang spesifikasi skill nya biasa saja, dan minim pengalaman, tetapi karena dirinya mempunyai semangat kerja yang tinggi, dirinya berhasil diterima di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, simak baik-baik contoh surat lamaran kerja lengkap 2016 yang berhasil Skipnesia.com buat dibawah ini.


close