Pria Ini Buang Bitcoin Senilai 1 Triliun - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pria Ini Buang Bitcoin Senilai 1 Triliun

Bagaimana rasanya jika Anda kehilangan uang senilai Rp 1 triliun? Yang lebih menyesakkan lagi, uang sebanyak itu hilang bukan karena dicuri orang, tapi karena ikut terbuang ke pembuangan sampah.

Nasib apes itu dialami seorang pria asal Wales bernama James Howells, yang tak sengaja membuang Bitcoin sebanyak 7.500 koin yang ada di dalam hardisk miliknya. Bitcoin tersebut diduga sudah berada di tempat pembuangan akhir di Newport, Wales.

Jika dihitung dengan mata uang biasa, nilai 7.500 koin Bitcoin yang tak sengaja dibuang oleh Howells itu diperkirakan mencapai USD 75 juta atau sekitar Rp 1.01 triliun.
Cerita ini berawal pada tahun 2009 lalu, Howells menambang Bitcoin pada laptop lawasnya. Dari hasil menambang Bitcoin itu, pria yang juga bekerja sebagai ahli IT ini berhasil mengunmpulkan 7.500 Bitcoin, yang ia simpan dengan baik di dalam hardisk laptopnya.

Dan ketika Howells memutuskan untuk berhenti menambang Bitcoin, dia pun menjual laptop lawasnya tersebut. Tak lupa, Howells mengambil hardisk-nya yang berisi Bircoin, dan menyimpannya dengan baik di laci meja di rumahnya.

“Setelah saya berhenti menambang, laptop yang saya gunakan dijual di eBay. Saat itu, saya menyimpan hardisk di laci rumah, dan berharap nanti kalau nilainya besar, saya masih memilikinya,” jelas Howells, seperti dikutip dari WalesOnline, Senin (04/12/2017).

Namun entah kenapa, hardisk berharga tersebut malah tak sengaja terbuang pada pertengahan 2013 lalu saat dirinya sedang bersih-bersih rumah. Alhasil, harddisk senilai Rp 1 triliun itu terkubur di gunungan sampah di tempat pembuangan akhir di Newport, Wales.

“Di pertengahan 2013 saat bersih-bersih, hardisk berharga saya tak sengaja terbuang dan dimasukkan ke dalam tempat sampah umum di tempat pembuangan sampah di daerah saya dan terkubur di sana,” katanya.

Karena menyadari jika nilai Bitcoin sedang meroket saat ini, maka Howelss pun meminta izin serta bantuan dari Newport untuk mencari hardisk berharganya di gunungan sampah. Dirinya yakin bisa segera menemukan hardisk-nya tersebut pada perkiraan lokasi berdasarkan tanggal ia membuangnya.

“Semakin tinggi nilainya, semakin besar kesempatan saya untuk mencarinya. Jadi ini adalah permainan menunggu selama beberapa tahun terakhir sampai harga Bitcoin cukup tinggi, sehingga membuat harta karun cukup mudah untuk diburu,” juar Howells.