6 Buku recomendasi banget untuk belajar bitcoin - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Buku recomendasi banget untuk belajar bitcoin

Jelang akhir 2017, mata uang digital menyedot perhatian. Salah satunya bitcoin. Nilai bitcoin melonjak tajam pada 2017 menarik perhatian publik.

Nilai bitcoin bahkan sempat tembus US$ 19.000 pada Desember berdasarkan bursa Coinbase. Ada pro dan kontra soal lonjakan bitcoin tersebut. Meski demikian, nilai bitcoin sempat turun 11 persen usai pemerintah Korea Selatan mengumumkan aturan baru soal bitcoin.

Di tengah euforia mata uang digital mulai dari bitcoin, ethereum, dan litecoin, ada baiknya melakukan sejumlah riset terutama bagi Anda yang tertarik bitcoin. Demikian seperti dikatakan, investing expert dan bintang Shark Tank Kevin O'Leary.

"Anda sebaiknya jangan investasi ke tempat yang tidak dipahami," ujar O'Leary.
Untuk mengetahui bitcoin dan mata uang digital lainnya, berikut enam buku yang bisa jadi pilihan, seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa (2/1/2018):

1. Digital Gold oleh Nathaniel Popper

Nathaniel Popper, reporter The New York Times yang meliput berita keuangan dan teknologi, dalam bukunya mencatat sejarah pendukung bitcoin termasuk pemain kunci seperti kembar Winklevoss yang menjadi miliarder pertama yang raih kekayaan dari bitcoin. Selain itu ia mengulas pencipta misterius bitcoin Satoshi Nakamoto.

"Bitcoin mungkin produk dari ilmu komputer, tapi ini cerita sangat manusiawi. Sejarah yang sangat menghibur dan mengingatkan kebenaran bisa lebih aneh dari pada fiksi," ujar Mantan Menteri Keuangan AS Larry Summers dalam buku tersebut.

2. Cryptoassets: The Innovative Investor's Guide to Bitcoin and Beyond oleh Chris Burniske dan Jack Tatar

Chris Burniske, Partner di perusahaan modal ventura Palceholder yang fokus pada mata uang digital dan Jack Tatar, penulis buku keuangan menerbitkan buku yang berisi panduan bagaimana untuk investasi pada aset bitcoin dan aset digital lainnya.

Pada buku mereka membahas bagaimana menilai mata uang digital dan tips atasi gelembung. "Buku yang informatif dan dapat ditindaklanjuti. Buku ini wajib dibaca bagi penggemar mata uang digital dan investor seperti investor pasar modal," ujar Arthur Laffer, Anggota Dewan Penasihat Kebijakan Ekonomi Presiden Ronald Reagan.

3. Blockchain Revolution oleh Don Tapscott dan Alex Tapscott

Bitcoin menggunakan tekologi yang disebut blockchain yang merupakan buku besar digital. Ahli Blockchain Don Tapscott dan Alex Tapscott mengeksplorasi bagaimana teknologi itu pengaruhi sistem global.

Pasangan ayah dan anak ini pun mendirikan institute penelitian blockchain yang mendapatkan dukungan dari perusahaan yaitu Microsoft, IBM, FedEx, dan PepsiCo.

"Tapscotts menulis buku secara harfiah tentang bertahan dan berkembang dalam gelombang gangguan teknologi berikutnya. Kemungkinan buku ini akan menjadi ikon," ujar Profesor Harvard Business School Clayton Christensen.

4. The Age of Cryptocurrency oleh Paul Vigna and Michael J. Casey

Reporter Wall Street Journal Paul Vigna dan Michael J.Casey menjelaskan bagaimana dunia menggunakan uang digital. Sistem yang berbeda dari uang tunai, bank, buku cek, emas, dan kartu kredit.

"Buku Vigna dan Casey yang mengulas menyeluruh, sangat berwarna menjadi tempat belajar yang bermanfaat mengenai semuanya," tulis ulasan the New York Times.

5. American Kingpin oleh Nick Bilton

Buku ini menceritakan tentang Ross Ulbricht yang membangun situs e-commerce yang bernilai US$ 1,2 miliar. Situs itu untuk obat-obatan terlarang, senjata api, dan hal lain yang ilegal.

6. The Internet of Money oleh Andreas Antonopoulos

Bagi pembaca yang ingin eksplorasi lebih banyak teori "The Internet of Money", merupakan kumpulan pembicaraan yang diberikan ahli Andreas Antonopoulos.
close