Bitcoin itu Alat Pembayaran Atau .... ? - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bitcoin itu Alat Pembayaran Atau .... ?

Saat ini, dunia teknologi dan keuangan sedang ramai membicarakan bitcoin dan cryptocurrency lain. Bitcoin diprediksi akan mampu mengganti peran mata uang dan bank dalam melakukan transaksi.

 Nilai bitcoin dan crytocurrency lain seperti Ethereum, Ripple meningkat secara fantastis selama tahun 2017 kemarin.

Sebagai contoh, nilai bitcoin sudah meningkat hampir 1500% semenjak awal 2017 hingga sekarang ke level $ 16000-an. Apakah benar bitcoin akan mampu berdampak positif bagi kita ?


Sebagian menjawab ya, sebagian lagi skeptis. Pihak yang optimis terhadap bitcoin mencoba mengembangkan teknologi ini, yang tujuan utamanya adalah menghilangkan pihak third party (bank) dalam melakukan transaksi, sehingga transaksi menjadi lebih efisien.

Juga ada yang memanfaatkan bitcoin untuk melakukan penawaran saham yaitu ICO (Initial Coin Offering), mirip seperti IPO. Ada juga yang berpendapat bahwa blockchain, teknologi di balik bitcoin, lah yang akan bermanfaat bagi kita.

 Maka dari itu, perusahaan teknologi besar seperti IBM dan Microsoft mulai mengadopsi teknologi blockchain.

Beberapa tokoh ternama seperti CEO JP Morgan Chase (perusahaan bank terbesar di Amerika), James Dimon, mengatakan bitcoin adalah fraud di tahun 2017

sebelum ia mengkoreksi pernyataannya di Januari 2018 ini. Juga banyak tokoh lain di bidang finansial yang mengatakan bitcoin hanyalah sebuah komoditas belaka, mirip seperti emas. Menarik membahas mengenai bitcoin, semoga memang bisa bermanfaat bagi kita khususnya dalam hal transaksi.
close