Cara Cepat Melunasi Utang - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Melunasi Utang

Pada artikel sebelumnya, penulis mengupas tentang akibat dari pinjaman yang tidak dikembalikan.

Mengingat pentingnya mengembalikan pinjaman, pada kesempatan ini kita bahas sembilan langkah supaya pinjaman cepat lunas:

1. Pikirkan terlebih dahulu kepentingan dari uang yang akan kita pinjam. Sebaiknya, meminjam uang hanya untuk keperluan yang benar-benar penting dan mendesak.

2. Pastikan kondisi keuangan berjalan baik, artinya kita tahu penghasilan dari mana saja yang akan digunakan untuk membayarnya. Bisa dari gaji bulanan, penghasilan harian dari berjualan, atau lainnya.

3. Niat yang kuat untuk melunasi pinjaman. Meskipun keadaan ekonomi kita sedang sulit, tetap bertekad untuk bekerja secara halal supaya pinjaman bisa dibayar lunas. Tidak sedikit orang yang sebenarnya mampu mengembalikan pinjaman, tapi malah mengulur waktu. Perlu diingat, konsekuensi apabila kita meninggal dan masih ada pinjaman yang belum dikembalikan.

4. Undang rezeki dengan sedekah secara ikhlas. Bersedekah bukan karena ingin rezeki bertambah, tapi sedekah semata-mata karena Allah. Lihat di sekeliling rumah dan lingkungan, adakah saudara atau tetangga yang membutuhkan uluran tangan kita.

5. Menjalin tali persaudaraan dengan keluarga, hikmahnya antara lain rezeki akan mudah dan lancar. Selain itu, ikuti perkumpulan atau komunitas bersama teman-teman. Dalam sebuah komunitas akan membentuk jaringan informasi, mengadakan usaha bersama, sehingga menambah pendapatan.

6. Menyisihkan sebesar 30 persen dari pendapatan untuk mengembalikan pinjaman. Saat pertama kalinya terasa sulit, namun bila sudah bertekad dan terbiasa akan terasa mudah.

7. Hidup hemat, sederhana, yang penting kebutuhan pokok terpenuhi. Ini dia yang susah. Seringkali setelah mendapatkan uang gaji, ingin pergi makan enak, beli baju, atau nonton bareng teman-teman. Hal tersebut bukan tidak boleh dilakukan, tapi prioritaskan yang lebih utama. Misalnya, biasa beli baju sekali dalam sebulan, cobalah dananya dialihkan untuk mencicil pengembalian pinjaman. Jadi, beli baju cukup tiga bulan sekali saja.

8. Membantu orang lain tidak hanya saat punya rezeki lebih, tapi juga ketika kita sedang kesusahan. Membantu orang tak hanya dengan uang, tapi juga bisa dengan yang lainnya. Apabila kita membantu orang lain dengan ikhlas, Allah akan membukakan jalan yang tidak disangka-sangka untuk menyelesaikan urusan kita.

9. Mengerjakan segala perintah dan menjauhi laranganNya. Tak ketinggalan untuk meningkatkan amalan-amalan harian. Berdoa kepada Allah SWT supaya diberikan kemudahan mendapatkan rezeki dan terbebas dari pinjaman.