Tips Dan Trick Mengelolah keuangan Untuk bocah - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Trick Mengelolah keuangan Untuk bocah

Gaya hidup para milenial saat ini atau kids zaman now terbilang produktif dalam menggerakkan tren konsumsi pada masyarakat. Oleh karena itu bagi kamu generasi milenial harus pandai mengatur keuangan untuk mencapainya. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini beberapa trik mengelola uang agar tak habis sia-sia..


1. Tentukan Target

Prioritaskan tujuan kamu berdasarkan tingkat urgensi-nya, yaitu kebutuhan, keinginan, serta mimpi kamu. Cara ini membantu kamu membentuk rencana keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Buat Anggaran Belanja

Buat anggaran belanja bulanan yang mengatur alokasi uang kamu setiap bulan. Kamu juga bisa mencatat pengeluaran secara rutin untuk melihat seperti apa cara kamu menghabiskan uang. Biasanya, 60 persen uangmu dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Perlu diingat, membayar hutang lebih penting daripada menabung, karena biasanya bunga hutang lebih besar daripada bunga tabungan.

3. Menabung Secara Otomatis

Setelah memiliki anggaran belanja bulanan, kamu memiliki perkiraan jumlah uang yang bisa ditabung. Segera simpan uang tersebut ke dalam rekening terpisah. Kamu bisa meminta bank untuk melakukan transfer otomatis setiap bulannya.

4. Disiplin dan Taat Anggaran

Disiplin akan membantumu menjalani rencana keuangan yang telah kamu buat, sehingga target yang kamu tetapkan juga akan tercapai. Tapi tentu saja, rencana keuangan yang dibuat harus realistis, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

5. Analisa Rencana Keuangan dan Sesuaikan Keadaan

Prioritas, target, serta keadaan keuangan keluarga kamu berubah-ubah sejalan dengan waktu. Jadi, jangan ragu untuk bersikap fleksibel dan menyesuaikan rencana keuangan dengan berbagai perubahan yang mungkin terjadi.
Karena perencanan keuangan sejak dini sangat penting