Jack Ma Ingatkan Resiko Bitcoin - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jack Ma Ingatkan Resiko Bitcoin

Miliarder Jack Ma menyatakan bitcoin berpotensi alami gelembung atau bubble. Oleh karena itu, ia pun memperingatkan untuk hati-hati terhadap mata uang digital tersebut yang dapat mudah susut nilainya.


Pendiri Alibaba ini juga mengingatkan kenaikan bitcoin didorong spekulasi panas. Jack Ma memberikan komentar tersebut usai resmi meluncurkan layanan remitansi berbasis blockchain dengan Standard Chartered dan GCash, seperti dikutip dari South Morning Herald, yang ditulis Kamis (28/6/2018).

Pada akhir pekan lalu, bitcoin berada di posisi terendah dan kembali sedikit menguat. Volatilitas bitcoin terjadi lantaran pengawasan yang meningkat oleh regulator dan bank sentral serta pemimpin perusahaan mempertanyakan mengenai kelangsungan bitcoin.

"Teknologi blockchain dapat mengubah dunia kita lebih dari yang dibayangkan orang. Namun bitcoin bisa menjadi gelembung," kata dia.

Ant Financial yang berafiliasi dengan Alibaba telah didukung oleh beberapa nama besar dalam keuangan global dan investasi yang eksplorasi teknologi blockchain selama bertahun-tahun. Namun, layanan pengiriman uang menandai salah satu contoh raksasa internet menggunakan teknologi dalam keuangan.

Kini Ant Financial ingin membangun sesuatu lebih baik dan mengambil potensi dari pengiriman uang berbasis blockchain tidak hanya Hong Kong tetapi juga Filipina. Namun Ma belum dapat menjelasan detil. Ma menilai, industri bank konvensional terlalu bebani pembayaran ke luar negeri.

"Lembaga keuangan tradisional melayani 20 persen orang dan membuat keuntungan 80 persen. Lembaga keuntungan baru harus melayani 80 persen orang dan membuat keuntungan 20 persen,” kata dia.
close