Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Membuat Makalah Yang Baik dan Benar
Makalah adalah sebuah karya akademis yang umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah dan membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Membuat sebuah makalah merupakan sebuah tugas yang dirasa sangat menyusahkan terutama bagi mahasiswa/i perguruan tinggi.

Mengapa demikian ? Karena penyusunan sebuah makalah yang baik dan benar seharusnya memang harus diteliti dilapangan secara langsung. Kesulitannya bukan hanya sampai disini, ketika hendak menyusunkan kedalam sebuah kertas kita juga harus memperhatikan kertas apa yang harus kita gunakan, ukuran font dan urutan atau struktur penulisan makalah.


Bagi anda yang belum pernah membuat sebuah makalah sebelumnya ini memanglah menjadi hal yang pastinya membingungkan bagi anda, namun mau tidak mau anda harus belajar membuat makalah anda. Tadi kita sudah menyinggung sedikit pengertian makalah, bahwa makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yg dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum atau dalan suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Nah, tentunya sudah ada kaedah atau aturan tertentu dalam membuat suatu makalah, dan kami akan sedikit share tentang cara membuat makalah pada kesempatan kali ini. Oke langsung saja, sebelum kita memaparkan, Tentunya kita sudah mengetahui apa itu yang disebut dengan Makalah. Makalah yang Baik dan Benar adalah makalah yang sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan sebelumnya. makalah merupakan karya ilmiah, akan tetapi berbeda dengan skripsi.

Pada prinsipnya, makalah adalah bentuk terkecil dari penulisan karya ilmiah, walaupun seperti itu, harus tetap memperhatikan elemen-elemen karya ilmiah pada makalah itu sendiri, tanpa itu karya tulis kita tidak bisa disebut Makalah.

Setidaknya ada 8 elemen yang harus ada dalam Pembuatan Makalah yang Baik, diantaranya:

1. Cover
2. Judul Makalah
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Bab I Pendahuluan
6. Bab II Isi
7. Bab III Penutup
8. Daftar Pustaka

Setelah kita mengetahui elemen-elemennya, kita uraikan lagi konten-konten yang ada dalam tiap elemen diatas:

1. Cover
Cover makalah yang baik berisi:
Nama/ Judul Makalah
Tujuan dibuatnya makalah tersebut
Logo Lembaga/ Institusi
Penulis/ pemakalah yang mengajukan makalah tersebut
Nama Lembaga
Tahun Akademik.

2. Judul Makalah
Pada lembar ini, penulisan judul makalah hanya disertai nama penulis/ pemakalah (atau ada juga yang tanpa nama penulis/ pemakalah).

3. Kata Pengantar
Kata pengantar adalah prakata penulis/ pemakalah untuk menyuguhkan karya tulisnya kehadapan pembaca. KATA PENGANTAR ini berisi:
Salam pembuka
Mukadimmah/ pembuka
Sekilas proses pembuatan makalah
Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut
Penutup mukadimmah
Salam penutup
Dan terakhir, nama penulis/ pemakalah

4. Daftar Isi
DAFTAR ISI bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam pencarian materi yang ada dalam makalah tersebut berikut halamannya.

5. Bab I Pendahuluan
Pada elemen ini, kita mulai memasuki bab-bab makalah. Dimana dalam bab ini kita menerangkan konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam LATAR BELAKANG.
Setelah itu, adanya RUMUSAN MASALAH, yakni masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

6. Bab II Isi
Dalam bab ini, kita mulai menguraikan isi/ materi makalah, mulai dari:
Pengertian/ definisi
Ulasan materi
Adanya alur perbandingan (kalau diperlukan)
dan Penyelesaikan masalah, berikut solusi dan kontribusi kita terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

7. Bab III Penutup
Pada penutup ini, kita kemukakan sambutan, terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam penyelesaian makalah tersebut.

Kemudian, dalam penulisan makalah yang baik, penulis haruslah membuka kesempatan kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran terhadap makalah kita. Hal ini bertujuan supaya dalam pembuatan makalah berikutnya lebih baik lagi. Ungkapan ini kita tempatkan dalam item KRITIK DAN SARAN.

8. Daftar Pustaka
Atau disebut juga DAFTAR KEPUSTAKAAN. Inilah bagian terakhir (sebelum cover belakang) dalam penyusunan sebuah makalah. Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut
Literature disini meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, keberadaan/ keabsahan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi. Ada kampus yang memperbolehkan, ada juga yang mengharamkan.

Alhasil, lebih baik kita menghindari literature dari internet untuk memastikan karya tulis kita benar-benar ilmiah.
Semoga dengan contoh diatas dapat bermanfaat bagi anda yang hendak membuat sebuah makalah, terima kasih banyak atas kunjungan anda semoga artikel yang telah kami tulis pada kesempatan ini benar-benar bermanfaat.