PENGERTIAN MANDIRI BERSERTA MAKNA YANG TERSIARAT - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN MANDIRI BERSERTA MAKNA YANG TERSIARAT



kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


PENGERTIAN MANDIRI



Pengertian Kemandirian menurut Masrun (1986:8), kemandirian adalah suatu sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, maupun berpikir dan bertindak original/kreatif, dan penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.



Pengertian mandiri berarti mampu bertindak sesuai keadaan tanpa meminta atau tergantung pada orang lain. Mandiri adalah dimana seseorang mau dan mampu mewujudkan kehendak/keinginan dirinya yang terlihat dalam tindakan/perbuatan nyata guna menghasilkan sesuatu (barang/jasa) demi pemenuhan kebutuhan hidupnya dan sesamanya (Antonius,2002:145). Kemandirian secara psikologis dan mentalis yaitu keadaan seseorang yang dalam kehidupannya mampu memutuskan dan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan dari orang lain. Kemampuan demikian hanya mungkin dimiliki jika seseorang berkemampuan memikirkan dengan seksama tentang sesuatu yang dikerjakannya atau diputuskannya, baik dalam segi-segi manfaat atau keuntungannya, maupun segi-segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya (Hasan Basri,2000:53). Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar berhasil sesuai keinginan dirinya maka diperlukan adanya kemandirian yang kuat.



Pengertian Kemandirian menurut Brawer dalam Chabib Toha (1993:121), kemandirian adalah suatu perasaan otonomi, sehingga pengertian perilaku mandiri adalah suatu kepercayaan diri sendiri, dan perasaan otonomi diartikan sebagai perilaku yang terdapat dalam diri seseorang yang timbul karena kekuatan dan dorongan dari dalam diri seseorang yang timbul karena kekuatan dorongan dari dalam tidak karena terpengaruh oleh orang lain.



Pengertian Kemandirian menurut Kartini Kartono (1985:21), kemandirian seseorang terlihat pada waktu orang tersebut menghadapi masalah. Bila masalah itu dapat diselesaikan sendiri tanpa meminta bantuan dari orang tua dan akan bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambil melalui berbagai pertimbangan maka hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk mandiri.



Kemandirian adalah sikap (perilaku) dan mental yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, benar, dan bermanfaat; berusaha melakukan segala sesuatu dengan jujur dan benar atas dorongan dirinya sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, sesuai dengan hak dan kewajibannya, sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya; serta bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambilnya melalui berbagai pertimbangan sebelumnya.





CIRI-CIRI MANDIRI



Ciri-ciri seseorang dikatakan mandiri adalah yang memiliki semua kemampuan di bawah ini (bukan salah satu kemampuan, tetapi semua kemampuan).



1. Memiliki kemampuan untuk selalu berusaha berinisiatif dalam segala hal.

2. Memiliki kemampuan mengerjakan tugas yang dipertanggung-jawabkan padanya.

3. Memperoleh kepuasan dari kegiatannya (yang dikerjakannya).

4. Memiliki kemampuan mengatasi rintangan yang dihadapinya dalam mencapai kesuksesan.

5. Memiliki kemampuan untuk selalu bertindak jujur dan benar sesuai hak dan kewajibannya.

6. Memiliki keinginan untuk membantu orang lain atau melakukan tindakan yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

7. Memiliki kemampuan berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif terhadap sesuatu yang dikerjakannya atau diputuskannya, baik dalam segi manfaat atau keuntungannya, maupun segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya.

8. Tidak merasa rendah diri jika harus berbeda pendapat dengan orang lain, berani mengemukakan pendapatnya walaupun berbeda, dan mampu menerima pendapat yang lebih benar.



Mandiri mempunyai beberapa faktor-faktor pendukung yaitu ;



1. Usia, Pengaruh dari orang lain akan berkurang secara perlahan-lahan pada saat usia kita menginjak lebih tinggi. Pada usia remaja mereka lebih berorientasi internal, karena percaya bahwa peristiwa-peristiwa dalam hidupnya ditentukan oleh tindakannya sendiri. Dan juga telah melalui begitu banyak pengalam seiring meningkat usia kita.

2. Konsep Diri, Konsep diri yang positif mendukung adanya perasaan yang kompeten pada individu untuk menentukan langkah yang diambil. Bagaiamana individu tersebut memandang dan menilai kesulurahan dirinya atau menentukan sejauh mana pribadi individualnya.

3. Pendidikan, Semakin tinggi atau bertambahnya pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang, kemungkina untuk mencoba sesuatu baru semakin besar sehingga orang akan lebih kreatif dan memiliki kemampuan dan cendurung lebih mudah untuk memotivasi diri sendri.

4. Keluarga, orang tua tentu punya peranan penting untuk membuat anak-anak mempunyai dasar kemandirian sejak dini, begitu pula untuk kemandirian pada seseorang.

5. Jenis Kelamin, perbedaan sifat-sifat yang dimiliki oleh pria dan wanita disebabkan oleh perbedaan pribadi individu yang diberikan pada anak pria dan wanita. Dan perbedaan jasmani yang mencolok anatra pria dan wanita secara psikis menyebabkan orang beranggapan bahwa perbedaan kemandirian antara prian dan wanita.

6. Interaksi sosial, Kemampuan remaja dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial serta mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik akan mendukung perilaku remaja yang bertanggung jawab, mempunyai perasaan aman dan mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dengan baik tidak mudah menyerah akan mendukung prilaku mandiri seseorang.





Contoh Perilaku Mandiri



Sikap dalam linkungan keluarga

- mengerjakan tugas

- rajin belajar

-membantu orang tua dirumah

- tidak bergantung kepada orang lain

- bisa menjaga dirinya dengan baik



sikap dalam lingkungan sekolah

- mampu mengontrol amarah atau emosi

-membersihkan kelas tanpa disuruh guru

- mampu mengerjakan tugas pelajaran sendiri

- manpu berkreatifitasi /berkarya sendiri

- tidak melakukan hal hal yang dilarang oleh sekolah



sikap dalam lingkungan masyarakat

- bertanggung jawab atas dilakukan

- mampu memanfaatkan situasi dengan hasil yang baik

- tidak gegabah

- berpikir dengan bijaksana

- selalu berpikir selangkah ke depan