5 Kebiasaan Cowok ini Merusak Sperma. Nomor 2 Sering Dilakukan - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kebiasaan Cowok ini Merusak Sperma. Nomor 2 Sering Dilakukan

Seperti yang umum diketahui bahwa kualitas sperma punya peran penting dalam keberhasilannya membuahi sel ovum milik wanita. Sperma yang berkualitas rendah tidak akan bisa menembus ovum untuk melakukan pembuahan, hal inilah yang biasa disebut ketidaksuburan.

Dilansir dari meredeka.com (13 Juli 2018), banyak faktor yang membuat kualitas sperma memburuk. Di antaranya adalah karena penyakit, pola makan, dan aktivitas-aktivitas kebiasaan buruk berikut ini:

1. Mandi Air Panas Terlalu Sering


ilustrasi cowok mandi air panas:
Urolog bernama Paul Shin dari Washington mengatakan bahwa keseringan mandi menggunakan air panas menyebabkan peningkatan suhu pada testis yang ujungnya berdampak pada penurunan kualitas sperma.

2. Memangku Laptop



Nah ini yang sering dilakukan, termasuk suami mimin juga suka banget. Alias sudah semacam jadi kebiasaan. Biasa memangku laptop. Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan olej State University of New York, keseringan memangku laptop dalam waktu relatif lama dapat meningkatkan suhu skrotum sampai 35 derajat celcius. Ya ujung-ujungnya kualitas sperma menurun.


3. Memakai Celana Dalam terlalu Ketat

Selain bikin gerah, celana dalam terlalu ketat ternyata juga menyiksa sperma. Menurut Dr. Danzer kualitas sperma bisa buruk kalau biasa menggunakan celana dalam ketat.

4. Konsumsi Alkohol, Rokok dan Obat Terlarang

Sudah umum kalau alkohol, rokok dan obat terlarang itu sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Seperti rokok yang sudah jelas-jelas tertulis informasi merokok membunuhmu. Bukan cuma organ penting seperti otak, hati dan jantung yang terganggu, tetapi juga berdampak buruk pada kualitas sperma.

5. Olahraga Terlalu Berat



Olahraga bikin sehat, tetapi kalau dilakukan terlalu berat dan berlebihan malah tidak bagus. Suhu badan yang panas secara intens berlebihan saat berolahraga bisa mengakibatkan kualitas sperma menurun.

Selepas baca ini, kepada para cowok harap diperhatikan baik-baik ya aset berharga kalian. Itu masa depan. Harus dijaga semaksimal mungkin.