Negara dengan upah terendah di dunia - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara dengan upah terendah di dunia

Bulan Ramadan dan lebaran di berbagai belahan dunia terutama negara muslim merupakan tantangan finansial.

Walaupun berpuasa bukan berarti pengeluaran berkurang malah makin bertambah karena beberapa tradisi seperti buka bersama, takjil gratis, dan tradisi bagi bagi makanan lainnya yang buat permintaan melonjak.

Namun di beberapa negara dunia ini harus berduka karena mereka bekerja dan dibayar dengan gaji yang kecil sehingga beli makanan sehari-hari saja kesulitan, apalagi saat Ramadan.

Saat ini beberapa negara belahan dunia upah penghasilannya masih terbilang jauh cukup dan sulit beli makan. Berikut ini negara dengan upah pekerja terkecil di dunia :

1. Uganda

Negara Afrika ini memiliki Upah buruh per bulan hanya mencapai USD1,7 atau setara sekira Rp22.610 perbulan. Adapun upah buruh per tahun mencapai 22 dollar AS atau setara sekira Rp292.600. Namun walapun angkanya kecil secara perhitungan riil biaya hidup di negara di Afrika ini sangat murah, dengan makan bisa hanya menghabiskan 300 rupiah saja.


2. Sierra Leone

Sama seperti negara miskin Afrika lainnya, Sierra Leone adalah negara kecil yang masih terus berusaha memperbaiki keadaan ekonomi negaranya. Negara ini menjadi negara dengan upah buruh termurah di dunia. Upah perjam di negaranya ini hanya 0,03 dollar per jam atau sekitar Rp500 per jam. Perbulan, penghasilan rata-rata buruh di sana hanya sekitar Rp.70.000.

Namun secara riil, daya beli negara ini seperti Uganda dimana harga makanan hanya berkisar 700 Rupiah.

3. Afghanistan

Di negara yang masih ramai dengan konflik antar kelompok ini, upah buruh sangatlah rendah. Afganistan menempati peringkat ke tiga sebagai negara dengan upah minimum terendah di dunia. Upah perjam yang mereka dapat sekitar Rp.6.270.

Secara riil, jumlah Upah Minimun itu dirasa masih belum memadai. Untuk sekarton susu cair dipatok harga sekitar Rp.7.000 dan makan di restoran murah bisa mencapai sekitar Rp.50.000.

4. India

Penghasilan per jam buruh di India adalah sekitar Rp.3.000. Sementara harga sewa apartemen bisa mencapai Rp.2.000.000 per bulan. Kebutuhan pokok seperti telur berharga sekitar Rp. 12.000/lusin

5. Kamboja

Dalam riset World Socialits, Kamboja menjadi salah satu negara dengan tingkat upah buruh paling rendah. Buruh di negara ini dihargai US$ 2,03 atau setara Rp 18.270 per hari. Dalam sebulan jika dihitung 30 maka buruh di Kamboja dapat upah Rp 548.000.
close