Rahasia China Ekonominya Bisa Salip Negara Barat - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia China Ekonominya Bisa Salip Negara Barat

Orang China memang terkenal dengan kerja kerasnya. Sistem kerja ‘996’ sudah mandarah daging bagi mereka. Apa itu sistem kerja ‘996’? Yaitu sistem kerja dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam, selama 6 hari seminggu.

Meski banyak pihak yang protes, namun sistem tersebut rasanya tak bisa hilang. Menurut Rebecca Fannin, pemodal ventura di Silicon Dragon Ventures, sistem kerja 996 adalah salah satu upaya China dalam mengejar perkembangan ekonomi negara barat.

China ingin melampaui negara barat di berbagai sektor. Oleh karena itu, pendiri serta pekerja di China harus kerja keras dan tak boleh malas.

"Ada terlalu banyak pekerjaan harus diselesaikan. Dari apa yang saya lihat dan saksikan di Beijing, Shanghai, dan Shenzen, gampang menyaksikan entrepreneur China bekerja 10-10-7 atau 12 jam setiap hari seminggu," ungkap Fannin.

Banyak yang mengatakan kerja terlalu keras bisa merusak kesehatan. Terlebih lagi saat ini, milenial di China telah menerapkan gaya hidup sehat. Namun, tetap saja budaya kerja itu tak akan hilang.

"Tapi budaya 996 tidak akan lenyap. China terlalu termotivasi untuk sukses. Ekonomi teknologi tumbuh terlalu cepat, kompetisi terlalu brutal dan peluang terlalu luas di China untuk bermalas-malasan," papar dia.

"Dalam dekade ke belakang, ekonomi teknologi China telah menyamai Silicon Valley dalam beberapa hal yaitu venture capital, IPO, model bisnis dan inovasi di beberapa sektor. Besok kita akan melihat inovasi lagi datang dari China. Ini hanyalah permulaan dan itu kenapa China bekerja begitu keras," tambahnya.
close