5 cara meningkatkan keuangan Mu - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 cara meningkatkan keuangan Mu

Perbedaan antara maju atau tertinggal secara finansial ternyata bisa disebabkan oleh tindakan-tindakan kecil yang berulang kali Anda lakukan.

Meski tampak remeh, berikut lima kebiasaan harian yang bisa diikuti untuk meningkatkan kondisi keuangan Anda:

1. Tetapkan Tujuan Keuangan Anda
Sangat mudah bagi kita untuk tergoda melakukan kebiasaan buruk dan justru melupakan tujuan keuangan kita. Trik untuk mengatasi perilaku keuangan yang merusak diri sendiri adalah dengan menempatkan kebiasaan baik ini secara otomatis.

Misalnya, dengan berpartisipasi dalam rencana pensiun di tempat kerja.
Gunakan setoran langsung. Minta sebagian dari gaji Anda, tunjangan atau pengembalian pajak dikirim ke rekening tabungan. Itu adalah tempat terbaik untuk menabung untuk tujuan jangka pendek, seperti dana darurat, uang muka rumah atau libur.

Siapkan transfer berulang. Otomatiskan transfer ini dari rekening bank Anda untuk memberikan kontribusi ke rekening tabungan Anda setiap bulan.

2. Lacak Pengeluaran Anda Dengan Cermat
Jika kondisi keuangan Anda sedang susah atau Anda hanya ingin mencapai tujuan keuangan yang lebih menantang tahun ini, jadikan kebiasaan untuk melacak pendapatan dan pengeluaran Anda. Anda tidak dapat mengubah apa yang tidak Anda ukur.

3. Hindari Pembelian Impulsif
Pengeluaran berlebihan adalah hambatan umum untuk mencapai tujuan keuangan. Semakin banyak Anda melakukan pembelian yang tidak direncanakan atau berlebihan, semakin berbahaya bagi kehidupan keuangan Anda.
Alih-alih mengalah pada impuls, gunakan kebiasaan ini yang menghalangi penghindaran untuk membeli dan membeli, seperti cobalah memaksakan diri Anda untuk menunda pembelian setidaknya satu hari sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk dipertimbangkan jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Hindari toko favorit Anda terutama jika ada pengecer online atau tempat belanja lokal di mana Anda tidak bisa menolak untuk membeli sesuatu. Memahami apa yang paling menggoda Anda akan membantu Anda menghindari melakukan pembelian yang tidak mampu Anda lakukan.

Ingat kesalahan pengeluaran terakhir Anda. Jika Anda merasa terdorong untuk membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan atau tidak ada dalam anggaran Anda, pikirkan keputusan pembelian buruk terakhir yang Anda sesali dan jangan biarkan diri Anda menyerah pada dorongan hati lagi.

4. Lindungi Kemampuan Anda Untuk Mendapatkan Penghasilan
Kesejahteraan finansial Anda bergantung pada kemampuan Anda untuk mendapatkan penghasilan. Meskipun memotong pengeluaran yang tidak perlu itu penting, ada batas jumlah yang bisa Anda kurangi. Namun, jumlah yang dapat Anda peroleh tidak terbatas.

Jadi, ciptakan kebiasaan untuk meningkatkan keterampilan kerja, jaringan, dan peluang bisnis Anda. Anda mungkin mendapat promosi di perusahaan yang sama, pekerjaan dengan bayaran lebih baik dengan majikan yang berbeda atau menciptakan penghasilan wirausaha dengan bisnis sampingan.

5. Bersyukurlah Atas Apa Yang Anda Miliki
Senantiasa bersyukur sebagai kebiasaan sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan keuangan, hubungan, dan mengurangi stres. Jika Anda pembelanja yang kompulsif atau sepertinya tidak dapat memenuhi anggaran, sekarang saatnya untuk mengevaluasi kembali apa yang sudah Anda miliki.

Cobalah mengatur barang-barang Anda dengan cara yang lebih baik, sehingga mudah untuk melihat dan mengingat apa yang Anda miliki. Terkadang mengupas adalah kunci untuk mencari tahu apa yang sebenarnya Anda gunakan, sehingga Anda dapat menemukan lebih banyak kepuasan pada barang-barang itu daripada mengumpulkan lebih banyak.

Melakukan beberapa atau semua tindakan kecil ini setiap hari mungkin tidak tampak signifikan saat ini. Tetapi yakinlah, kebiasaan ini akan menambah kesuksesan keuangan dari waktu ke waktu.
close