6 Rahasia payudara yang jarang diketahui - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rahasia payudara yang jarang diketahui

Dari semua bagian tubuh wanita, payudara merupakan bagian yang paling penting bagi seorang wanita. Walau fungsi utamanya sebagai pemberi ASI bagi bayi, terkadang budaya tertentu menilai sebuah payudara sebagai simbol seksual yang dinilai dari segi ukuran, warna, dan bentuk.

Untuk mempelajari lebih dalam tentang buah dada dari segi sains, kali ini Noobzilla telah merangkum 7 fakta payudara wanita yang belum pernah kalian dengar sebelumnya. Mari kita simak.

6 Buah dada adalah sebuah kelenjar

Di bawah gundukan berdaging yang kita anggap sebagai payudara adalah sebuah kelenjar susu, didalamnya terdapat jaringan kompleks sel lemak dan wadah yang mampu menghasilkan susu untuk bayi. Jika seorang wanita hamil, saluran susu yang berstruktur seperti kantung, terisi lebih dulu dengan kolostrum sebelum bayi lahir, dan kemudian ASI tertampun didalamnya (inilah yang menyebabkan payudara wanita hamil lebih besar), dan susu diteruskan melalui saluran kecil yang disebut lobulus ke puting susu, di mana susu keluar.


5 Buah dada ibarat saudara, bukan kembar siam

Menurut Constance Chen, seorang ahli bedah plastik dan bedah rekonstruksi dan direktur bedah mikro di Rumah Sakit Mata & Telinga New York di Rumah Sakit Mount Sinai, dua payudara jarang sekali mirip. "Payudara memiliki berbagai bentuk dan ukuran," katanya. Hal yang sama juga berlaku untuk puting susu dan areolae mereka, kulit berwarna lebih gelap di sekitar puting susu.

4 Puting terbalik adalah puting yang normal

Puting susu terbalik adalah kejadian normal "yang disebabkan oleh adhesi di dasar puting susu yang mengikat kulit ke jaringan di bawahnya," menurut sebuah tim spesialis di Universitas Columbia. Mungkin saja salah satu payudara memiliki puting terbalik atau keduanya. Secara umum, hal ini menyebabkan sedikit ketidaknyamanan atau masalah, kecuali untuk menyusui.

Terkadang puting susu terbalik bisa sulit bagi bayi untuk minum ASI, namun ada beberapa metode untuk membantu puting susu menonjol lagi, seperti perisai puting susu.

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, puting susu yang menjadi terbalik mungkin merupakan tanda kanker payudara, di mana tumor menarik jaringan dan menyebabkannya membalik.

3 Merokok dapat menyebabkan payudara kendor tapi tidak dengan menyusui

Banyak wanita menyalahkan menyusui untuk menyebabkan payudara mereka kendor, tapi fakta justru berkata sebaliknya. Sementara kehamilan bisa mengubah elastisitas ligamen di payudara, menyusui hanya mengubah ukuran payudara, namun memiliki sedikit dampak pada elastisitas kulit. Merokok, di sisi lain, adalah penyebab buruk untuk elastin, zat yang membuat semua kulit lentur, yang bisa menyebabkan kulit payudara terkulai lemas.

2 Setiap orang (termasuk pria) bisa terkena kanker payudara


Orang sering percaya bahwa satu-satunya cara mereka terkena kanker payudara adalah jika mereka memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker. Menurut penelitian hal ini tidak akurat. Kebanyakan orang yang terkena kanker payudara tidak memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara. Di luar genetika, faktor risiko kanker payudara dapat disebabkan oleh bertambah usia, lebih banyak terpapar estrogen, minum alkohol, dan terpapar radiasi.

Pria juga masih memiliki kemungkinan terkena kanker payudara, walaupun sel kanker pada pria dibawah 1 persen saja. Pria dan wanita harus melakukan deteksi dini kanker payudara, terutama jika ada riwayat keluarga gen agresif BRCA1 yang membawa risiko kanker yang signifikan pada pria dan wanita. Deteksi dini adalah kunci untuk membantu mengobati kanker payudara.

1 Kondisi seseorang bisa dilihat melalui payudaranya


Menurut sebuah kelas di Stanford yang berjudul "Sejarah Tubuh", bidan awal dan praktisi medis membuat arti dari warna payudara wanita. Seorang bidan dari abad ke 17, Jane Sharp, menulis tentang wanita Inggris yang cenderung dia jumpai.

"Puting alami berwarna merah strawberry, sedangkan puting wanita akan berwarna merah terang setelah berhubungan badan. Lalu puting pada bidan akan berwarna biru setelah dihisap dan menjadi hitam saat mereka tua.