Efek Samping Suntik KB - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Suntik KB

Metode kontrasepsi atau Kb adalah untuk mencegah kehamilan, banyak jenis Kb yang bisa dilakukan, salah satunya adalah suntuk KB 3 bulan.

Metode ini banyak mendapatkan keberhasilan, namun di sisi lain ternyata adajuga efek dari menggunakan metode KB suntik 3 bulan ini.

Suntik KB 3 bulan mengandung depo provera yang merupakan suspensi cairan yang terdiri dari kristal-kristal mikro medroksiprogerteron asetet (dmpa). DMPA ini merupakan keturunan progesteron yang merupakan hormon yang memang sudah ada pada tubuh wanita. Dengan disuntikkan ke dalam tubuh wanita dengan dosis 150 mg setiap 3 bulan sekali akan mengentalkan lendir rahim sehingga sel sperma akan terperangkap dan sulit bergerak ke rahim dan seterusnya.

Berikut ini efek dari suntik KB 3 bulan yang perlu diketahui :

1. Gangguan menstruasi yang berupa pemendekkan siklus haid atau malah memanjang silkusnya, saat menstruasi perdarahan yang banyak atau malah sedikit, bahkan ada yang tidak mengalami haid sama sekali.

2. Cenderung mudah gemuk. Penambahan berat badan inilah yang sering mudah diketahui bahwa ini dampak dari Kb suntik 3 bulan.

3. Setelah suntikan Kb dihentikan maka kesuburan akan kembali dalam waktu yang lama atau kembali dengan lambat.

4. Bisa menurunkan kepadatan tulang dalam penggunaan jangka panjang.

5. Dalam penggunaan jangka panjang juga dapat menurunkan libido, pengeringan vagina / meki , gangguan emosi, sering gemetar, sakit kepala dan tumbuhnya jerawat.

Sekian.
close