Gejala Kolesterol Dalam Tubuhmu Telah Menumpuk - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Kolesterol Dalam Tubuhmu Telah Menumpuk

Tentu kita sudah tahu bahwa kolesterol yang tinggi tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya jika keadaan ini dibiarkan secara terus menerus dapat membahayakan tubuh. Berbagai contoh penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya kolesterol dalam tubuh yakni, serangan jantung dan juga stroke.


(30/6/2018) mengabarkan bahwa menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari Klikdokter  mengungkapkan bahwa ada beberapa gejala yang dirasakan ketika kadar kolesterol menumpuk dalam tubuh seseorang, di antaranya adalah:

1. Tengkuk tidak nyaman


Ilustrasi leher pegal https://media.suara.com
Salah satu gejala yang muncul dan sering dikeluhkan ketika kadar kolesterol dalam tubuh menumpuk adalah rasa pegal dan kaku di bagian leher atau tengkuk kita. Hal ini dikarenakan sistem peredaran darah di bagian tersebut kurang lancar. Namun perlu diketahui, tidak semua pegal dan kaku di leher pertanda kolesterol tinggi, bisa saja masalah otot ataupun radang sendi.


2. Penimbunan lemak di organ hati

Tak hanya tengkuk yang terasa pegal, terkadang gejala lain juga timbul ketika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi ambang batas normal, yakni dapat menyebabkan penimbunan lemak pada organ hati. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Apabila dibiarkan dapat menyebabkan penyakit sirosis maupun kanker hati.

3. Sering kesemutan

Gejala lain yang dapat muncul ketika kadar kolesterol tinggi yaitu sering mengalami kesemutan. Namun sayangnya gejala ini sering diabaikan dan dianggap hal yang biasa. Namun perlu diketahui terkadang kesemutan bisa dikarenakan kadar kolesterol yang menumpuk mengganggu fungsi kerja dari saraf tepi. Apabila anda sering mengalami kesemutan dan berlangsung dalam waktu yang lama, mungkin itu gejala kolesterol tinggi. Maka segeralah memeriksakan diri ke dokter kepercayaan anda.

4. Xanthelasma

Menumpuknya kolesterol dalam tubuh seringkali menimbulkan gejala gejala seperti timbulnya bentolan kecil berwarna kuning di bagian kelopak mata atapun lipatan tubuh, seperti di siku, lutut atau tumit. Menurut medis, gejala itu sering disebut Xanthelasma. Bentolan ini merupakan endapan kolesterol yang terdapat pada jaringan kulit. Ketika anda mengalami hal semacam ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Nah, itulah beberapa gejala yang muncul ketika kolesterol menumpuk dalam tubuh kita. Apabila anda mengalami gejala gejala di atas jangan ragu lagi untuk memeriksakan diri ke dokter kepercayaan anda.
close