Jurus Pintar Dapat Uang Lebih Tanpa Harus Bekerja - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurus Pintar Dapat Uang Lebih Tanpa Harus Bekerja

Mungkin kalau lagi termenung memikirkan dompet yang menipis di tanggal tua, kamu pernah bertanya-tanya, “ada enggak sih cara pintar buat dapat uang tanpa kerja?”. Terdengar mustahil buat kamu? Sebenarnya enggak juga, karena ternyata ada kok cara pintar dapat uang tanpa perlu bekerja!

Ah seriusan enggak kerja bisa dapat uang begitu aja? Beneran kok! Cara-cara yang mau kita beberkan ke kamu ini asli kok, bukan tipu-tipu.

Daripada penasaran dan terus bertanya-tanya, lebih cari tahu aja jawabannya dalam ulasan berikut ini seperti dikutip dari MoneySmart.id. Yuk, disimak!

1. Segera lunasi utang-utang yang ada

Masa melunasi utang itu menjadi cara pintar mendapatkan uang? Kenyataannya emang demikian. Kamu tahu, utang menjadi masalah yang bikin pendapatan yang diperoleh terus tergerus.

Bulan ini bayar utang, besoknya berutang lagi. Terus bulan depan bayar utang lagi, dan besoknya berutang lagi. Begitulah siklusnya terus menerus!

Sekalinya berutang, biasanya di bulan berikutnya kamu bakal berutang lagi. Pasalnya, penghasilanmu berkuran buat bayar utang yang jatuh tempo saat ini.

Inilah kenapa utang-utang yang ada itu harus dilunasi. Setelah itu, puasalah berutang. Cegah pengeluaran-pengeluaran yang gak perlu.

Setuju kalau utang itu baik. Namun, dilihat dulu tujuan kamu berutang. Kalau ditujukan buat keperluan produktif, kenapa enggak? Namun, kalau ditujukan buat kebutuhan konsumtif, dicari tahu dulu seberapa pentingkah pemenuhan kebutuhan tersebut.

2. Begitu terima gaji, simpan buat dana darurat


Uang
Uang yang kamu terima jangan dihabiskan semua buat kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Sisihkan 20 persen untuk disimpan sebagai dana darurat.

Sebagaimana yang kamu tahu, dana darurat itu penting peranannya dalam keuangan personal. Gawat nantinya kalau sampai dana ini gak kamu miliki.

Pasalnya, dana ini bakal berguna seandainya ada hal-hal gak terduga yang bikin kamu membutuhkan uang.

Usahakan dana darurat ini tersedia sebanyak 6 - 9 kali gaji kamu. Kamu bakal terus menyisihkan hingga dana darurat tersebut dipenuhi.

3. Investasikan uang sama dengan bikin uang berlipat

Pernah dengar kalau uang diinvestasikan bisa berlipat hasilnya? Inilah kenapa penting sekali menginvestasikan pendapatan yang kamu terima agar bertambah banyak.

Sekadar diketahui, return dari investasi itu per tahunnya bisa mencapai 20 persen. Ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu lakukan. Mulai dari investasi saham, obligasi, hingga reksa dana.

Nah, berinvestasi saham lah yang bisa memberimu return 20 persen tiap tahun. Walaupun begitu, ada konsekuensi yang perlu kamu sadari dari investasi ini, yaitu risiko kehilangan uang yang diinvestasikan alias capital loss.

Sementara untung yang diperoleh dari saham bisa berupa capital gain dan bisa juga dari dividen. Tinggal dipilih aja mana yang kamu pengin capai.

4. Belanjakan uang selama bisa membuat kamu mendapat promo


Cerdaslah menjadi pembeli. Sekarang ini informasi mengenai promo begitu mudah didapat. Dengan memanfaatkan promo yang tersedia, kamu bisa menghemat uangmu.

Meski begitu, terkadang promo bisa bikin kamu cenderung ceroboh dalam berbelanja. Demi menikmati promo, kamu bisa lo jadi gak terkontrol dalam berbelanja.

Makanya, batasilah dirimu dalam berbelanja agar uangmu gak ludes semua tanpa ada yang bisa disisihkan untuk dana darurat atau investasi. Maksimal batas kamu menghabiskan uang buat belanja itu 30 persen.

Lebih dari 30 persen, bikin kondisi keuanganmu bisa enggak baik. Sementara kurang dari angka tersebut, bisa bikin kondisi keuanganmu selalu sehat.

Itulah beberapa cara pintar supaya kamu bisa mendapatkan uang lebih tanpa perlu bekerja capek-capek. Cukup mengelola keuangan dengan baik maka uangmu bertambah dengan sendirinya. Selamat mencoba, ya!