Makanan Yang Ampuh Turunkan Gula! - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Yang Ampuh Turunkan Gula!

berdasarkan Riset Kesehatan Dasar, penderita diabetes di Indonesia mengalami peningkatan. Dari prevalensi sebelumnya sebesar 5,7 persen pada tahun 2007 menjadi 6,9 persen pada tahun 2013.

Peningkatan ini juga terjadi di dunia. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jumlah penderita diabetes meningkat dari 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta jiwa pada tahun 2014.

Melansir alodokter.com (01/06/17) dan telah ditinjau oleh dr. Marianti, diantara cara mencegah diabetes adalah dengan olahraga rutin, pola makan sehat dan menghindari alkohol serta rokok.

Ada beberapa jenis makanan yang juga ampuh untuk mencegah diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah.

1. Tomat

Tomat memiliki indeks glikemik (IG) rendah sehingga mengonsumsinya tidak menimbulkan lonjakan gula darah. Berdasarkan penelitian, konsumsi tomat sebanyak 200 gram setiap hari mampu menurunkan kadar gula darah serta menurunkan risiko komplikasi jantung buat mereka yang sudah terkena penyakit diabetes.


2. Mentimun

Menurut Diabetes Council, rutin konsumsi mentimun bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan kadar seratnya yang tinggi. Jadi, kamu bisa menambahkan irisan mentimun dalam menu harianmu sebagai upaya pencegahan diabetes.

3. Alpukat

Selain serat, alpukat juga mengandung mononsaturated fatty acids (MUFA) yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mencegah penumpukan gula dalam darah.

4. Bawang putih

Bumbu dapur ini tak memiliki indeks glikemik (IG) sehingga mengonsumsinya tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Justru makan bawang putih bisa menurunkan kadar gula dalam darah sehingga efektif mencegah terjadinya diabetes.

Ada makanan favoritmu diatas? Keren berarti, ampuh turunkan gula darah.