Review Os Hongmeng Lebih mantaaap dari Android - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Os Hongmeng Lebih mantaaap dari Android

Bukan lagi berita bahwa Huawei sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri yang disebut sebagai HongMeng OS di China dan OS Ark di negara lain. Bahkan, sistem ini telah lulus sertifikasi merek dagang dari Kantor Merek Dagang China serta Kantor Kekayaan Intelektual Eropa.


Laporan terbaru menunjukkan Huawei mengajukan paten antarmuka ponsel pintar atas nama "Huawei Ark OS", "Ark" dan "Huawei Ark" di Kantor Paten dan Merek Dagang Jerman pada Maret 2019. Aplikasi paten juga mencakup serangkaian tangkapan layar. Namun, tidak jelas apakah tangkapan layar itu milik sistem HongMeng/Ark Huawei yang akan datang.
Salah satu tangkapan layar memiliki frasa "Android Green Alliance" yang menunjukkan bahwa sistem HongMeng/Ark dapat kompatibel dengan aplikasi Android. Android Green Alliance diluncurkan bersama oleh Huawei, Alibaba, Tencent, dan Netease. Ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem aplikasi yang aman, andal, dan sehat. Saat ini, banyak perusahaan telah bergabung.
#Huawei is intensively testing its own operating system, to be named "HongMeng OS" for China market or "Oak OS" for overseas market, which is likely to be launched in August or September,


Sebelumnya, Yu Chengdong, pejabat Huawei, mengungkapkan, Huawei OS akan kompatibel dengan smartphone, komputer, tablet, TV, mobil, pakaian pintar, dan lebih banyak sistem.

Lebih jauh, laporan terakhir dari Global Times  menegaskan, sistem operasi ini akan disebut "HongMeng OS" di China tetapi akan menggunakan nama "Oak OS" di pasar lain. Selain itu, mereka mengatakan, Huawei secara intensif menguji sistem operasinya sendiri yang dinamai OS HongMeng untuk pasar China atau Oak OS bagi pasar luar negeri. OS pengganti Android ini kemungkinan akan diluncurkan pada Agustus atau September.

Google, di sisi lain, telah memperingatkan Pemerintah Trump bahwa larangan Huawei dapat menghancurkan Amerika Serikat karena larangan tersebut sekarang memberi energi kepada Huawei untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri. Jika sistem Huawei berhasil, Android pasti akan kehilangan beberapa patronase terutama dari OEM China besar yang pada gilirannya akan membahayakan kepentingan nasional AS.