Bukit-kelam sintang kalimantan barat - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukit-kelam sintang kalimantan barat

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Bukit-kelam sintang kalimantan barat

Dengan tinggi sekitar 900 Mdpl, Bukit Kelam telah menjadi salah satu ikon wisata di Sintang, Kalimantan Barat. Bukit Kelam adalah sebongkah batu raksasa monolit, sehingga sering diklaim sebagai baru terbesar di dunia.  Selain kekokohannya yang menarik, Bukit Kelam juga menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Dari atas puncak bukit ini, terlihat kota Sintang dan hutan yang terhampar luas.  Untuk mendaki sampai puncak, di Bukit Kelam ini ini sudah dibangun tangga untuk mempermudah pendakian.  Selama perjalanan menuju puncak Boboers akan disuguhi pemandangan indah khas hutan Kalimantan. Bahkan ada beberapa pohon yang langka.

Keunggulan

Keanekaragaman Hayati

Gunung Kelam merupakan salah satu habitat yang dikenal paling penting di dunia untuk tanaman kantong semar, tampaknya menjadi rumah bagi 14 spesies yang berbeda, salah satunya yang endemik adalah (Nepenthes Clipeata) yang sampai saat ini dianggap menjadi yang paling terancam punah dari semua jenis kantong semar. Pada tahun 1894, ahli botani Jerman Johannes Gottfried Hallier menjadi orang Eropa kedua yang mendaki Gunung Kemal setelah Dr Gürtler

Tanaman kantong semar tumbuh di sisi tebing granit vertikal pada ketinggian antara 500 dan 800 meter. Sebagian besar tanaman kantong semar tumbuh di sudut-sudut jelas dari gunung yang sulit dijangkaut[5]. Selain kantong semar di Gunung Kelam juga terdapat Anggrek hitam. Fauna disini dilaporkan masih terdapat beruang madu, trenggiling. Burung walet juga terdapat pada gua-gua di kawasan gunung Kelam].

Akomodasi dan Fasilitas lainnya

Dikawasan Taman Wisata Alam Bukit Kelam menawarkan berbagai fasilitas dan akomodasi, mulai dari pusat informasi pariwisata, pemandu wisata, balai pertemuan, panggung hiburan, papan arah, camping ground, dan daerah hiking. Selain itu di wilayaah ini juga terdapat stasiun bus, area parkir yang luas dan aman, pusat oleh-oleh dan souvenir serta toilet umum. Pengunjung yang ingin menginap tidak perlu khawatir, karena disini tersedia losmen dan penginapan dengan berbagai jenis.
kekurangan

kurangnya perhatian pemerintah dan masyarakat

kondisi fasilitas-fasilitas seperti taman bermain anak, kolam renang hingga villa penginapan terkesan kumuh. Akses jalan menuju Bukit Kelam masih kurang layak. Termasuk tangga besi sisi Barat dan tangga batu pendakian turut alami kerusakan akibat pelapukan.


Cindra mata

Lawar Clothing khas Pontianak

Sudah puas dengan makanan dan kudapan? selain oleh oleh khas diatas tadi, terdapat pula clothing yang bertemakan kota Pontianak. Sangat cocok menjadi variasi alternatif pilihan oleh oleh kalian.

Lawar merupakan istilah dalam bahasa melayu Pontianak yang berarti keren. Clothing khas pontianak ini mengemas berbagai keunikan pontianak ke dalam sebuah kaos dan apparel lainnya. Selainitu, clothing ini juga sudah sangat terkenal dan Populer dikalangan anak muda Pontianak.

Lawar berusaha mengemas kebudayaan lokal pontianak menjadi lebih fresh dan muda, sehingga mendorong anak muda pontianak untuk lebih mencintai kota Pontianak tercinta. Selain itu, clothing ini juga mendobrak paradigma clothing lokal yang terkesan monoton dan tidak menarik. Desain yang menarik dan selalu baru akan sangat cocok menjadi oleh oleh khas Pontianak kalian !