Bukit Raya Kalimantan Tengah - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukit Raya Kalimantan Tengah

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Bukit Raya Kalimantan Tengah

Bukit Raya Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang terletak di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Daerah ini memiliki peran penting dalam fungsi hidrologis hutan dan Bukit Raya merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan tropis pegunungan.

Mencatat 817 spesies tanaman, yang ada tanaman untuk obat-obatan, kerajinan, bahan bangunan, konsumsi, dan berbagai jenis anggrek hutan, dan bunga dari tanaman parasit yang terbesar / dunia bunga bangkai. Bukit Raya juga merupakan tempat penelitian baik dari dalam dan luar negeri.

Bukit Raya merupakan gabungan dari Bukit Baka Nature Reserve di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, pengaturan bahkan daerah ini mengalami banyak perubahan. Beberapa tempat menarik untuk dikunjungi adalah karpet SII Jeram (River Ella), Climbing (G. Puncak Bukit Raya dan Puncak Bukit Raya), dan Hot Air Sepan POI (Desa Batu Panahan).

Peta Lokasi



Keunggulan

Gunung Bukit Raya adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia dan letaknya berada di Kalimantan Barat. Menuju ke puncaknya tidak hanya membutuhkan tenaga yang extra, tapi juga biaya banyak. Mengingat tempatnya ada di pedalaman hutan. Bahkan ada yang bilang sebagai pendakian termahal setelah Puncak Carstensz di Papua. Bagaimana keseruan dan perjalanan menuju Bukit Raya Kalimantan ini

Kekurangan

Bukit Raya juga terkenal sebagai tempatnya para penghisap darah yaitu pacet. Jumlahnya banyak dan tersebar di mana-mana, termasuk jalur pendakian. Terkadang meski kamu menggunakan pakaian yang tebal, binatang itu masih bisa menghisap darahmu. Padahal waktu untuk mendaki Bukit Raya biasanya sekitar tujuh hari, sebaiknya kamu cari tahu dulu bagaimana mengatasi pacet saat mendaki.

Bukit Raya adalah aset yang harus tetap terjaga. Belantaranya yang menjadi tempat tinggal banyak binatang, menyimpan pesona mengagumkan. Apalagi saat kamu tiba di puncaknya, hamparan lembah-lembah luas bumi Kalimantan sungguh menakjubkan.

Fasilitas

Dari dua jalur tersebut, rute Rantau Malam lebih sering dilalui para pendaki karena penunjuk arah pendakian lebih banyak. Transportasi pun juga bisa dicari dengan mudah. Karena dari Pontianak, kamu harus menggunakan kendaraan darat menuju ke Nangga Pinoh. Lalu naik perahu mengarungi Sungai Melawi melewati rute Serawai, Jelundung, dan Rantau Malam.










Cindera Mata
Keripik kelakai dari tanaman khas Kalimantan

Kelakai merupakan salah satu tanaman khas Kalimantan Tengah yang memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh kita. Saat ini kelakai sudah dikembangkan menjadi camilan, salah satunya keripik kelakai. Keripik kelakai mudah dijumpai di toko pusat oleh-oleh khas Palangkaraya dengan harga yang terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp. 10.000,- saja.