Green Canyon – Pangandaran - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Green Canyon – Pangandaran

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Green Canyon – Pangandaran

Green Canyon yang berlokasi di Desa Kertayasa, Pangandaran ini merupakan tempat wisata alam yang menyimpan beribu pesona, menyajikan keindahan dalam bentuk batu-batu stalaktik yang begitu menawan.

Pengunjung bisa menikmati tebing tinggi dengan Sungai Cijulang yang mengalir di bawahnya serta menjelajahi gua di sekitar sungai sambil berburu spot foto. Anda juga bisa ikut mencoba body rafting menyusuri sungai di bawahnya sepanjang 3 km, melewati pepohonan hijau di kanan kirinya.

Body rafting merupakan olahraga air yang cukup menegangkan. Anda akan menyusuri sungai dalam jangka waktu sekitar 3-4 jam dengan kondisi yang berbeda-beda tiap saat, mulai dari arus air tenang hingga yang ekstrim.

Nama Green Canyon (ngarai hjiau) konon dipopulerkan oleh Bill Jhon, seorang warga Perancis pada tahun 1993.  Ini merujuk pada obyek wisata Grand Canyon yang berada di Colorado Amerika sana. Mungkin karena memiliki eksotisme yang sama.

Mungkin bisa dikatakan, yang di Colorado adana Green Canyon USA dan yang di Pangandaran adalah Green Canyon Indonesia.

Penduduk setempat menyebutnya dengan Cukang Taneuh. Dalam bahasa Sunda, cukang berarti jembatan dan taneuh berarti tanah, sehingga berarti jembatan yang terbuat dari tanah.Ini dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan petani sekitar untuk menuju kebun mereka.



Keunggulan

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, Anda pasti takjub. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Bidiklah objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air karena di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

Selama perjalanan yang cukup panjang dalam ketinting, nantinya Anda akan bertemu beragam arus sungai yang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Anda dapat berenang di air sungai super jernih sambil melihat ikan berenang.
Anda dapat berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu, Anda juga bisa menikmati suara gemuruh air yang berjatuhan di tebing.Jika Anda menyukai tantangan yang memacu andrenalin, Anda bisa mencoba terjun ke sungai dari batu berketinggian 5 meter atau mencoba atraksi panjat tebing. Sedangkan bagi Anda yang menyukai ketenangan, bersampan sambil memancing akan menjadi pilihan yang menyenangkan.

Salah satu kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan adalah Body Rafting. Harga yang ditawarkan berkisar antara 150.000 Rupiah sampai 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tetapi Anda juga bisa menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter, dan juga trekking.

Kekurangan

Padatnya pengunjung Salah seorang tim peneliti, Odang Permana menyampaikan, untuk mengurai kepadatan pada musim liburan di Green Canyon, diperlukan inisiatif para pemangku kepentingan untuk menawarkan alternatif obyek wisata lain di sekitar Green Canyon. Selain itu, menurut Odang, alternatif lain adalah menciptakan aktivitas-aktivitas baru di Green Canyon, sehinga kepadatan bisa diurai.




Fasilitas

Selain menawarkan pesona alam, Green Canyon juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat ibadah, restoran, toilet, dan toko suvenir. Untuk pengunjung dari luar kota, tidak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan Green Canyon terdapat beberapa penginapan atau homestay.

Cindera mata

Hola Juice

Nikmati rasa khas buah kecombrang yang biasanya disajikan sebagai bumbu masak, kini dalam bentuk jus yang segar dan menyehatkan.

Oleh-oleh Pangandaran ini terbuat dari jenis Honje langka dan kaya akan manfaat, yang dipadukan dengan gula putih pilihan, Aman diminum sehari-hari, tapi juga memiliki banyak khasiat, seperti menghilangkan bau badan, meningkatkan stamina, mengobati kencing batu dan lain-lain.