Pantai Talise Sulawesi Tengah - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Talise Sulawesi Tengah

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Pantai Talise Sulawesi Tengah

Destinasi wisata yang bisa kamu datangi di Palu adalah tentu saja pantai, karena Palu adalah daerah yang berada di pinggir laut. Salah satunya adalah Pantai Talise yang merupakan pantai paling favorit di Palu. Di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang. Jadi kamu sangat bisa menikmati pantainya dengan berenang dan melihat sunset.

Pantai Talise terletak 2 km sebelah utara Kota Palu, ini merupakan salah satu objek wisata utama di Kecamatan Palu Timur. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Kota Palu setelah Istana Pusat Sulawesi. Pantai ini membentang di Kota Palu hingga Kabupaten Donggala

Pantai Talise sendiri diambil dari sebuah kata dalam bahasa Kaili yang berarti Ketapang. Menurut masyarakat sekitar, dahulu kala banyak terdapat pohon ketapang di pantai ini. Oleh karena itu pantai ini lalu diberi nama Pantai Talise (Pantai Ketapang).

Pantai Talise merupakan sebuah obyek wisata Sulawesi yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Di pantai ini terdapat hamparan pasir putih dengan ombak yang cukup tenang dan perbukitan yang begitu mempesona sehingga pengunjung dimanjakan dengan keindahan panoramanya. Selain memiliki panorama alam yang sangat indah, pantai ini juga sangat cocok di pergunakan untuk sarana olahraga, misalnya olahraga renang, menyelam, memancing, sky air, selancar angin,menikmati sunset di penghujung hari dan masih banyak lagi.





Keunggulan

Lokasi dari Pantai Talise yang ada di pusat kota menjadikannya mudah dijangkau dari berbagai arah dan seringkali jadi tempat nongrong kawula muda. Waktu paling kondusif tentu saja di pagi dan sore hari. Targetnya apalagi kalau bukan sunrise dan sunset. Ketika matahari masih malu-malu memunculkan cahayanya di langit, sudah ada banyak travelers yang sengaja datang pagi-pagi untuk menunggu matahari terbit. Kalau langit lagi cerah, pendaran cahaya kemilau kekuningan dan ungu di langit terpadu sempurna dengan kawasan di sekitar Pantai Talise yang masih alami.

Sedangkan di sore hari, panas matahari mulai memudar dan berganti dengan sejuknya angin sepoi-sepoi dari laut dan terasa sangat menenangkan. Tak lama kemudian, senja pun datang dengan tenggelamnya matahari di ufuk barat sambil menyajikan warna-warna cantik yang tak kalah menarik dengan di pagi hari. Nggak heran kalau Pantai Talise jadi salah satu objek wisata untuk hunting sunrise dan sunset populer di Palu.

Kekurangan

Gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) kemarin, membuat Pantai Talise terkena imbasnya.

Pantai Talise adalah sebuah pantai yang letaknya tidak begitu jauh dari Kota Palu, tepatnya di sepanjang teluk Palu.

Lokasi pantai ini berada di sepanjang Jalan Rajamoli sampai Jalan Cut Mutia, Palu.
Sebelum terjadinya gempa dan tsunami di wilayah Palu, Pantai Talise terkenal dengan pantai yang memiliki pasir putih dengan ombaknya yang tenang dan memukau.







Fasilitas dan Akomodasi

Karena letaknya yang berada di pusat kota, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sangat mudah untuk mendapatkan fasilitas dan akomodasi hotel yang dekat dengan obyek wisata. Kurang lebih berjarak sekitar 1 km, Anda sudah dapat menemukan hotel atau losmen. Beberapa hotel dekat Pantai Talise yang direkomendasikan yaitu Hotel Santika Palu dan Palu City Hotel.

Cindera Mata

Sarung Donggala

Jika ingin cendera mata selain kuliner, maka sarung donggala bisa menjadi pilihan yang tepat. Sarung ini merupakan salah satu kerajinan tenun tradisional yang dibuat oleh masyarakat asli Kabupaten Donggala. Satu hal yang menjadi ciri khas sarung ini adalah tekstur yang halus karena dibuat melalui teknik tradisional oleh wanita setempat.

Disebut-sebut Sarung Donggala ini memiliki kualitas yang sangat istimewa. Selain karena tekstur kainnya halus, motif yang dirancang pun terkenal amat unik. Untuk mendapatkan sarung Donggala ini kamu perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam, yaitu mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah bergantung dari bahan dan motif yang dipilih.