Pantai Tanah Kuning, Tempat Wisata Kalimantan Utara yang Mempesona - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Tanah Kuning, Tempat Wisata Kalimantan Utara yang Mempesona

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Pantai Tanah Kuning, Tempat Wisata Kalimantan Utara yang Mempesona

Pantai Tanah Kuning merupakan salah satu Tempat Wisata alam yang cukup populer. Pantai ini terletak di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.  Untuk mendatangi lokasi Anda bisa memilih berbagai alternatif jalan, mau melalui darat, laut atau melalui sungai. Pantai Tanah Kuning  memiliki air yang bersih dan seolah kebiruan menyatu dengan warna langit. Pasirnya yang putih bersih akan tampak indah bila terkena pancaran sinar matahari. Selain dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan, setiap pengunjung juga akan mendapatkan sambutan yang ramah dari penduduk sekitar.

Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia. Wilayah ini memiliki beberapa potensi wisata, diantaranya adalah wisata alam. Pantai Tanah Kuning merupakan salah satu obyek wisata alam yang cukup populer. Pantai tersebut berada di Pulau Derawan, tepatnya di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan. Secara geografis Kabupaten Bulungan berbatasan dengan beberapa wilayah. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Nunukan, sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Pulau Tarakan. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Berau, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kota Malinau.

Untuk mendatangi lokasi Anda bisa memilih berbagai alternatif jalan, mau melalui darat, laut atau melalui sungai. Apabila Anda memulai perjalanan dari Tanjung Selor, maka Anda bisa naik kendaraan roda empat atau bisa pula melalui Sungai Kayan dengan menggunakan speed boat. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2-3 Jam. Dan jika Anda memulai perjalanan dari kota Tarakan dan Kabupaten Berau, Anda bisa menggunakan kapal bermotor atau speed boat melalui laut. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun apabila Anda ingin lebih cepat sampai tujuan, bisa naik pesawat terbang perintis dan dalam waktu sekitar 15 menit Anda sudah tiba di lokasi tujuan.Bagi Anda yang hobi bertualang dan ingin perjalanan yang seru tentu lebih memilih perjalanan melalui Sungai Kayan.

Pantai Tanah Kuning adalah sebuah obyek wisata bahari yang letaknya berdekatan dengan Pantai Karang Tigau. Para pengunjung yang datang ke Pantai Tanah Kuning akan bisa memanfaatkan waktu untuk sekaligus mengunjungi pantai ini. Pantai Tanah Kuning lebarnya sekitar 75 m dengan panjang kurang lebih 2 km. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing dan olahraga air, pantai ini cocok untuk Anda!



Keunggulan

Pantai Tanah Kuning  memiliki air yang bersih dan seolah kebiruan menyatu dengan warna langit. Semilir angin di antara berbagai pohon yang tumbuh subur di tepi pantai semakin menambah keelokan panorama Pantai Tanah Kuning. Jangan berpikir bahwa pantai ini mempunyai warna tanah sesuai namanya, Nama Tanah Kuning diambil dari nama desa di mana pantai indah ini berada. Pasirnya yang putih bersih akan tampak indah bila terkena pancaran sinar matahari. Bahkan, pasir yang basah tersapu air laut akan terlihat seperti mutiara terbentang dengan kilauannya yang membuat siapa saja terpesona.

Pasir putihnya yang bersih dan menghampar menjadi wahana bagi anak-anak untuk bermain pasir, sepakbola, dan aktivitas lainnya. Anda bisa duduk bersantai sambil menikmati panorama laut dan sekitarnya. Jika ingin berenang boleh saja karena air laut di sini sangat jernih. Akan tetapi Anda hanya boleh berenang di tepian saja karena jika agak ke tengah ombaknya cukup besar dan berbahaya, yang mungkin hanya diperbolehkan bagi para peselancar profesional.

Menikmati alam di Pantai Tanah Kuning sangat asyik dan berkesan. Selain dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan, setiap pengunjung juga akan mendapatkan sambutan yang ramah dari penduduk sekitar. Seperti mendapatkan tour guide,  setiap pengunjung dapat menggali berbagai informasi terkait dengan pantai maupun hal-hal lain yang ingin diketahui. Meski keadaan jalan menuju pantai ini masih agak sulit ditempuh, tetapi sulitnya perjalanan dan perjuangan untuk sampai ke lokasi akan terbayar lunas. Hembusan angin yang semilir dengan suasana pantai yang indah akan mengobati seluruh kelelahan yang pengunjung rasakan.

Kekurangan

Meski memiliki potensi bagus, namun pemerintah daerah belum menggarapnya untuk pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pariwisata

Untuk menuju obyek wisata pantai ini dibutuhkan adrenalin yang cukup tinggi, karena keadaan jalanya masih agak sulit ditempuh. Tetapi sulitnya perjalanan dan perjuangan untuk sampai ke lokasi akan terbayar lunas. Hembusan angin yang semilir dengan suasana pantai yang indah akan mengobati seluruh kelelahan yang pengunjung rasakan.

Fasilitas

Di beberapa kawasan, WC umum dan kamar ganti pakaian dibangun sendiri oleh warga seadanya.








Cindera mata

Sruput Kopi Arab dan Susu Hangat Tanjung Selor Untuk Mengembalikan Energi
Kopi Rempah Arab

Well, seperti yang tercantum dalam namanya, kopi Arab tentunya bukan minuman khas Kalimantan Utara asli dari provinsi ini. Melainkan ‘diimpor’ dari Arab. Namun, kopi arab di Tanjung Selor cukup dikenal. Ada Kampung Arab dimana kamu bisa menyeruput kopi Arab yang khas. Kopi Arab dilengkapi dengan aneka rempah yang mampu mengembalikan kesegaran tubuh. Wah, cocok nih untuk dinikmati setelah seharian jalan-jalan di sekitar Tanjung Selor. Oh ya, kopi Arab di sini sekarang sudah ada dalam bentuk kemasan. Jadi, kamu bisa borong untuk oleh-oleh teman dan keluarga yang demen ngopi.

Lalu, apa ada minuman tradisional khas Kalimantan Utara? Tentu ada. Di Kalimantan Utara, minuman khas nya adalah susu hangat dengan campuran sari bawang hutan. Bahkan, di daerah Tana Tidung, bawang hutan ini banyak diolah menjadi jamu lho. Seperti kopi Arab, jamu dan susu hangat bawang hutan juga sangat ampuh untuk mengembalikan kesegaran badan kita.