Pulo Cinta Gorontalo - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pulo Cinta Gorontalo

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Pulo Cinta Gorontalo

Lokasi : Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Lokasi Pulo Cinta Gorontalo ini terletak di Kecamatan Talimuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Jika anda ingin menginap di salah satu villa yang ada di tempat ini, anda akan dikenai biaya sekitar 3,5 hingga 15 juta rupiah per malam.

Terletak di Teluk Tomini, Provinsi Gorontalo (Sulawesi), satu pulau kecil berbentuk hati menurut legenda menjadi lokasi pertemuan rahasia pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Saat itu adalah masa peperangan, dan kedua insan dari pihak yang bertikai menyatu dan melupakan sejenak posisi mereka yang berseberangan. Saat malam hari bertabur bintang, mereka menikmati secret escape, to embrace the love.

Bentuk dan legenda menunjukkan dengan jelas mengapa pulau ini disebut Pulo (pulau) Cinta, dan kini berdiri resort dengan bentuk yang serupa: hati.

Pemandangan di Pulo Cinta benar-benar mempesona, baik saat kita berjalan kaki di deck jembatan yang memanjang, saat berbaring menikmati ketenangan, atau dari atas melalui drone. The view is just spectacular! Dikelilingi lautan dangkal berpasir putih, warna hijau-toska turquoise dan biru berpadu indah membuat pemandangan yang mengundang siapapun untuk datang dan menikmati keindahan Pulo Cinta.

keunggulan

1. Menjelajah Hutan

Sangat disayangkan jika Anda tidak memaksimalkan potensi yang ada dari tempat wisata ini.. Setiap daerah di pulau ini akan sangat menarik untuk di jelajahi, seperti daerah hutan rindang yang terletak tepat di seberang Pulau Cinta. Untuk Anda yang menyukai tantangan, area hutan ini dapat dimanfaatkan dengan melakukan aktivitas jelajah hutan. Anda tidak akan melupakan petualangan menjelajah hutan yang menyenangkan sekaligus sangat menantang.

2. Menyusuri Keindahan yang Dimiliki Pulau Cinta Gorontalo

Aktifitas menyenangkan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyusuri keindahan yang dimiliki Pulau Cinta dengan menggunakan perahu. Dengan menggunakan perahu, Anda akan sangat leluasa menikmati pemandangan sekitar. Pemandangan di Pulau Cinta akan sangat memanjakan mata setiap orang yag melihatnya. Tanpa terasa, Anda akan menghabiskan waktu satu jam untuk mengelilingi keseluruhan pulau

3. Aktivitas Wajib Snorkeling dan Diving

Setiap orang yang berkunjung ke pantai, biasanya akan selalu menantikan aktivitas satu ini. Aktivitas wajib snorkeling dan diving memungkinkan Anda untuk melihat keindahan bawah laut yang ada disekitaran Pulau Cinta. Untuk melakukan snorkeling dan diving, Anda bisa datang ke Teluk Tomini. Bagi Anda yang takut untuk menyelam, Anda juga tidak perlu khawatir karena di tempat ini hanya dengan menyelam 2-3 meter saja sudah cukup untuk menikmati keindahan biota laut yang ada.

4. Abadikan Momen Anda dengan Foto

Setiap kali berlibur, tentunya aktivitas berfoto menjadi sesuatu yang tidak boleh terlewatkan. Banyak sekali tempat-tempat menarik dan sangat indah yang dapat dipilih untuk menjadi bagian dari background foto Anda selama berada di sini. Apalagi jika berkunjung bersama pasangan, menciptakan kenangan indah melalui foto yang diambil di Pulau Cinta pastinya akan sangat tidak terlupakan.

5. Bermainan Ayunan di Pantai

Tidak maksimal rasanya jika Anda berkunjung ke Pulau Cinta namun tidak bermain ayunan. Di sini ayunan yang tersedia sengaja dibuat mengarah ke laut. Beningnya air laut yang indah disertai angin yang bertiup membuat pikiran akan menjadi sangat tenang dan fresh tentunya.



Kekurangan

Biaya wisata yang
tinggi atau mahal dan lokasi menuju kesana memakan waktu lama

Fasilitas

spot diving, hoiping island, jelajah hutan
Pulau ini merupakan objek wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan alam berupa laut lepas yang bening, jernih dan asri. Sekilah temapt ini telihat seperti wisata pantai yang ada di Maldives atau Maladewa, yang mana para pengunjungnya bisa menginap di bangunan villa yang didirikan di atas air laut.

Berbagai macam aktifitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan misalnya hopiing island, diving, snorkeling, hiking dan tracking di area Hutan Pesisir Boalemo, dll.


Cindera Mata Pulau cinta Gorontalo

Kain Karawo

Sumber gambar www.kabarin.co
Tidak hanya dari dalam negeri, penyuka kain karawo juga banyak yang berasal dari luar negeri. Cara pengerjaannya yang unik keunikan cara pengerjaan, motifnya yang elok, dan kualitas yang bagus menjadi daya tarik sendiri bagi mereka.

Salah satu motif yang paling terkenal adalah kain SBY yang dipakai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika berkunjung ke Gorontalo. Kain motif ini dijual dengan harga Rp 900.000. Karawo yang berbahan katun, sutra, dan dobby dihargai sekitar Rp 700.000 hingga Rp 1,2 juta, sedangkan yang berbahan sifon dibanderol Rp 200.000. Namun, ada juga kain yang dibuat menjadi kipas dengan harga Rp 30.000 dan kerudung seharga Rp 75.000.

Dalam bahasa Gorontalo, 'karawo' berarti sulaman tangan, sedangkan seni membuatnya disebut 'makarawo'. Ini merupakan kerajinan tangan yang diwariskan secara turun-temurun sejak zaman Kerajaan Gorontalo. Dengan membelinya sebagai oleh-oleh Gorontalo, artinya Anda turut melestarikan kearifan lokal yang bernilai tinggi.