Pura Tanah Lot Bali - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pura Tanah Lot Bali

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut.

Keunikan utama dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi wisata Bali ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Kelebihan

Pura tanah lot adalah pura yang memiliki banyak keistimewaan, antara lain ; Pura Luhur Tanah lot merupakan salah satu pura Sad Kahyangan, yaitu pura yang dipercaya oleh orang pemeluk agama Hindu sebagai sendi-sendi penjaga pulau Bali. Pura ini memiliki keistimewaan yakni letaknya yang berada di “tengah” laut Di pura ini terdapat air suci yang dikeramatkan yaitu air tawar yang disebut Tirta Pabersihan. Ada juga ular sudi yang menurut cerita merupakan ciptaan Niratha sebagai ular penjaga pura.

kelebihan Tanah Lot adalah tempatnya yang indah, sejuk, pemandangan yang menakjubkan. Terdapat toilet yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestic sekalipun. Disana ada ular suci yang kita dapat menyentuhnya dan membayar seikhlasnya. Serta panorama sunset yang sangat menakjubkan setiap sore, dan deburan ombak yang menenangkan jiwa.




Kekurangan

Kekurangan tanah Lot  adalah kurang bersihnya tempat wisata ini. Banyak sampah beserakan disekitar tempat ular suci berada dimana kurang sedap dipandang mata. toiletnya pun kurang terjaga kebersihannya sehingga meninggalkan bau yang tak sedap.

Solusinya : Keindahan tanah lot dan kesejukannya sangat terasa karena lokasi tanah lot di pantai, sangat terlihat pemandangan yang indah dan kesejukannya. namun kebersihannya belum terlalu terjaga, untuk itu agar pengelola lebih memerhatikannya lagi, dan para pengunjung agar lebih menjaga kebersihan tempat wisata tanah lot tersebut. Objek wisata adalah warisan yang wajib dijaga bagi setiap pengunjung nya tak terkecuali dari domestik ataupun mancanegara.

Fasilitas

Banyak turis/wisatawan bertanya jam berapa sunset di Tanah Lot? untuk bisa menikmati keindahan Pura Tanah Lot dengan pemandangan sunset view yang keren, direkomendasikan mengunjungi Tanah Lot pada senja atau sore hari dengan cuaca yang cerah, dari sekitar jam 4 sore sampai jam 7 petang/malam adalah waktu yang terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot karena pada jam-jam itu dengan cuaca yang cerah kita bisa menikmati keindahan sunset/matahari terbenam yang spektakular.

Selain itu pengunjung juga bisa berjalan-jalan dan berada dekat dengan batu karang dari areal pura pada saat air laut surut, tetapi sangat berbahaya dan tidak dianjurkan melakukan hal itu pada air laut pasang. Tempat wisata Tanah Lot juga sangat cocok dijadikan sebagai liburan keluarga, dalam kawasan ini juga terdapat fasilitas yang memadai seperti hotel, restoran, sunset teras, Tanah Lot cultural park, toko suvenir, tempat parkir yang luas, fasilitas emergensi, fasilitas keamanan sekuriti (security), toilet, tempat bersantai dan juga pusat informasi.
Cindera Mata

Joger

Joger , siapa yang tidak kenal tempat ini, sebelum sempat belanja di toko ini sepertinya belum klop. Terkenal dengan hasil produksi baju kaos dengan kata-kata lucu, tersedia juga sandal, cangkir, mug, gantungan kunci, dll. Terletak di jalan raya Tuban - Kuta, dan jalan raya Luwus menuju objek wisata Bedugul.

close