Relaksasi Badan Di Suban Sumber Air Panas Curup Bengkulu - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Relaksasi Badan Di Suban Sumber Air Panas Curup Bengkulu

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa


Relaksasi Badan Di Suban Sumber Air Panas Curup Bengkulu

Sumber air panas ini telah lama dikenal warga masyarakat sekitar memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air panasnya yang jernih dan tidak berbau belerang menjadi kelebihan utama sumber air panas ini. Tidak heran bila kawasan ini cukup ramai dikunjungi warga lokal yang ingin berendam.

Uniknya, tidak jauh dari sumber air panas ini terdapat sebuah air terjun berair dingin dengan ketinggian kurang lebih 90 meter. Kapan lagi bisa berendam sambil menikmati pemandangan air terjun?

Objek Wisata Suban Air Panas merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat Bengkulu. Tak hanya memancarkan aura keindahan dan kesejukan. Namun lokasi ini juga menyimpan cerita batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung nilai mistis. Suban Air Panas berada di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau dengan jarak tempuh sekitar 6 Km dari Kota Curup (Ibu kotakabupaten Rejang Lebong) atau sekitar 90 Km dari Provinsi Bengkulu.

Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik. Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas. Bentuk kolamnya memang sederhana, tetapi alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di kolam suban sangat alami.

Sumber air panas yang ada di kolam-kolam ini berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa-pipa atau bambu-bambu sehingga membentuk seperti pancuran. Di Pemandian Air Panas Suban  ini terdapat kolam renang yang cukup luas. Kolam renang ini terbagi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Disini juga tersedia penyewaan ban dan pelampung. Tidak jauh dari kolam renang yang luas ini, terdapat 3 buah kolam kecil yang berisi air panas alami.

Keunggulan

Akses menuju Suban Air Panas tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Jalan Negara. Bila wisatawan memulai dari Kota Bengkulu jarak yang ditempuh sekitar 90 kilometer dan memakan waktu perjalanan lebih kurang 2 jam.

Di Objek Wisata Pemandian Air Panas Suban Rejang Lebong ini terdapat kolam renang yang cukup luas. Kolam renang ini terbagi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Berenang di kolam yang berair jernih ini pun tak kami lewatkan begitu saja. Disini juga tersedia penyewaan ban dan pelampung.

Fasilitas

jika anda penasaran untuk berwisata ke Objek Wisata Suban Air panas di Curup, maka Anda dapat mengunjungi:
1. Kolam renang air dingin/panas
2. Air terjun bercabang dua dan batu relief
3. Goa batu pemandian alami (air dingin)
4. Situs tri sakti
5. Situs alam batu menangis
6. Wahana permainan anak-anak (komedi putar dan kereta listrik)
7. Taman di dekat jembatan dengan bunga-bunga yang indah.
8. Kamar mandi air panas




Kekurangan

Suban air panas adalah obyek wisata pemandian air panas yang terletak di Kota Curup - Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Berbeda dengan air panas di Ciater yang berbau belerang, air panas di Suban tidak berbau belerang dan banyak terdapat berbagai sumber/mata air panas di area ini. Sayangnya pengelolaan suban air panas tumpang tindih antara Dinas Pariwisata dan masyarakat sekitar, sehingga lokasi kurang terawat dengan baik.

Cindera Mata

Perut Punai - Makanan Khas Bengkulu

Camilan tradisional ini cukup unik dengan bentuk seperti isi perut Burung Punai yang melingkar dan melilit-lilit. Kue Perut Punai ini berbahan dasar beras, gula, garam, dan tepung.

Oleh-oleh dari Bengkulu ini memiliki dua macam rasa yaitu manis dan gurih. Harganya tergolong cukup murah, sekitar Rp. 10.000 per bungkusnya. Perut Punai ini dapat kamu peroleh di toko oleh-oleh sepanjang jalan Soekarno-Hatta