Taman Safari Indonesia Jawa Barat - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Safari Indonesia Jawa Barat

kobumnews terdepan terpercaya membangun bangsa

Taman Safari Indonesia Jawa Barat

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius
Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut
Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare. Taman ini ditetapkan sebagai Objek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990.
Kini, luas Taman Safari telah berkembang menjadi 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang.
Taman Safari Indonesia juga membuka tempat wisata di daerah lain yaitu Taman Safari Indonesia 2 terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, serta Taman Safari Indonesia 3 di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali dan Batang Dolphins Center di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.



















Keunggulan

Satwa-satwa di Taman Safari Indonesia sudah pasti menjadi suatu keunggulan. Disana kita bisa melihat langsung dari dekat sejumlah hewan-hewan yang hidup secara bebas, seperti singa, badak, rusa, orang utan dan banyak lagi binatang-binatang buas. Kita sudah terjamin aman, ini juga salah satu keunggulan dari Taman Safari Indonesia. Dan banyak juga fasilitas yang dapat kita nikmati selain hanya melihat satwa-satwa liar. Begitu juga Dengan tempat untuk makan dan lain-lain cukup lengkap.

1. Safari Adventure

Ini adalah kawasan utama untuk melihat koleksi satwa dari berbagai negara di dunia yang terbagi dalam kategori satwa Amerika, satwa Afrika dan satwa Asia. Anda bisa mengunjungi ‘perkampungan’ satwa ini sesuai dengan habitat aslinya dengan menggunakan mobil pribadi atau shuttle bus yang difasilitasi oleh Taman Safari Prigen. Awas, jangan sekali-kali Anda membuka pintu mobil atau bahkan keluar. Ini dilarang karena untuk menghindari penyerangan satwa liar kepada pengunjung. Beberapa satwa yang dapat kita saksikan saat melakukan Safari Adventure diantaranya adalah Singa, Orangutan, Tapir, Beruang Madu, Eland, Pelikan, Chapman Zebra dsb.
2. Animal Show

Ini adalah berbagai pertunjukan oleh berbagai satwa unik dan lucu di Taman Safari Prigen yang dapat disaksikan oleh pengunjung. Animal Show memperagakan atraksi permainan satwa serta menekankan pada edukasi kepada pengunjung tentang satwa tersebut. Berbagai pertunjukan satwa yang sangat menarik perhatian pengunjung diantaranya adalah Dolphin Bay, Plaza Gajah, Panggung Harimau, panggung “Journey To The Temple Of Terror” dsb.
Ini adalah tempat menarik yang dapat Anda manfaatkan untuk lebih mengenal dekat bayi-bayi satwa yang ada disana. Silahkan menyentuh, memegang atau menggendong bayi-bayi satwa yang lucu ini untuk menguji adrenalin Anda, disamping meningkatkan kecintaan terhadap satwa-satwa disini. Beberapa satwa yang ada di kawasan Baby Zoo adalah Binturong, Simpanse, Taman Burung, Aquatic Land, Golden Cat dsb.

4. Recreation Area

Berbagai wahana permainan yang mengasyikkan juga dapat Anda nikmati disini, diantaranya adalah Safari Jeep, Roller Coaster, Sepeda Layang, Boom Boom Boat, Gajah Terbang, Dino Plane, Gokart dsb.


Keurangan

Kekurangan Taman Safari:ada beberapa kekurangan yang dimiliki taman safari salah satunya adalah kurang terjaganya kebersihan karena banyak sampah tetapi hal ini juga terjadi dikarenakan pengunjung yang tidak bertanggung jawab membuang sampah tidak pada tempatnya. Selain itu juga bau kotoran hewan di beberapa tempat sangat menyengat sehingga menggangu kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas


1.      Permainan koin
2.      Jumbo Jungle Adventure
3.      Elephant Safari Trails
4.      Satwa tunggang
5.      Kereta wisata
6.      Kereta gantung
7.      4D Rider
8.      DLL

Cindera Mata

Miniatur Gamelan

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong.

Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran -an yang menjadik