Tanda - tanda sperma tidak sehat - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda - tanda sperma tidak sehat

Banyak hal yang menyebabkan ketidaksuburan seorang pria, bisa saja disebakan oleh ketidakseimbangan hormon, pembuluh darah yang melebar, kelainan bawaan, atau bisa juga karena kondisi di mana sperma memang dinyatakan tidak sehat. Karena itu, sebaiknya kamu mampu mengenali gejala bila sperma kamu tidak sehat, agar bisa segera berkonsultasi ke dokter ahli.

Apa saja tanda sperma tidak sehat? Simak deh informasi jelasnya berikut ini!

1. Tekstur sperma yang cair

Struktur cairan sperma atau air mani yang sehat sering kali lebih kental dan sedikit lengket. Itu berarti sperma dengan struktur cair merupakan salah satu tanda bahwa sperma milikmu tidak sehat. Akan tetapi, dalam hal ini sperma yang bertekstur cair belum berarti tidak subur sama sekali.

2. Memiliki bentuk yang cacat

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ternyata bentuk sperma yang sehat memiliki ciri berekor dan tidak bengkok apalagi patah. Oleh karena itu, sperma yang tidak sehat biasanya memiliki kecacatan bentuk seperti bentuk ekor yang patah dan bengkok, tidak memiliki kepala ataupun berkepala tidak lonjong.

3. Sperma bau amis

Sperma yang sehat diketahui tidak memiliki bau amis seperti yang diketahui oleh kebanyakan orang. Karena sperma yang memiliki bau amis serta berwarna abnormal bisa menandakan bahwa ada infeksi pada organ genital atau saluran kemih pada pria.


4. Warna kemerahan dan kuning pekat, tanda sperma tidak sehat

Cairan sperma yang sehat pada umumnya memiliki warna putih ataupun keabuan. Sedangkan warna sperma yang kurang sehat kerap kali berwarna kemerahan atau kuning pekat. Warna tersebut bisa menandakan adanya infeksi atau gangguan pada organ genital pada pria.

5. Jumlah volume yang dikeluarkan hanya sedikit

Pada umumnya, setiap kali ejakulasi pria akan mengeluarkan setidaknya 2-5 ml cairan sperma. Nah, jika kamu hanya menghasilkan sperma kurang dari itu saat ejakulasi, itu bisa menjadi gejala bahwa cairan sperma kamu tidaklah sehat.

6. Cairan terlampau kental mirip jelly

Cairan sperma yang terlalu kental juga menandakan kualitas yang kurang sehat. Meski sebelumnya dijelaskan jika sperma sehat memiliki tekstur yang kental. Sebab, sperma yang lengket dan bertekstur seperti jelly bisa menandakan jika kamu memiliki masalah atau gangguan pada organ genital.

7. Rasa sperma yang tidak normal


Normalnya, cairan sperma yang sehat hanya memiliki dua macam rasa, yakni manis dan pahit sedikit masam. So, jika rasa sperma kamu di luar dari kedua rasa tersebut, kemungkinan besar cairan sperma milikmu tidak sehat atau tidak normal.

Seperti itulah beberapa tanda dan gejala jika sperma milikmu tidak sehat yang perlu kamu ketahui. Sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter ahli bila cairan sperma kamu memiliki beberapa tanda yang muncul seperti di atas. Sebaiknya ubah segera pola hidupmu menjadi lebih sehat lagi. Sebab, pada dasarnya kesehatan sperma sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang kamu jalani.