5 Tanaman pertanian yang untung terus - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tanaman pertanian yang untung terus

Saat ini banyak orang yang ingin memulai bercocok tanam dijadikan peluang bisnis namun masih kebingunan tanaman apa yang kira-kira akan menjadi prospek untuk di tanam.

Kalo berbicara sawit, padi dan yang lainnya mungkin bagi yang ingin memulai akan sulit, namun sebenarnya ada tanaman yang menguntungkan bisa di tanam di lahan kecil bahkan pekarangan.

Berikut ini tanaman yang memiliki prospek pasaran yang mudah di tanam:

Kurma

Tanaman asal timur tengah ini merupakan buah yang sering dicari ketika menjelang ramadhan. Permintaanya bisa melonjak tinggi pada Ramadhan selain itu tanaman ini kabarnya mudah di tanam di Indonesia.

Menurut pakar buah, Dr. Mohammad Reza Tirtawinata MS tanah Indonesia memiliki peluang yang baik untuk Kurma.

“jenis kurma tropis bisa di tanam di Indonesia karena kondisi agroklimat Indonesia mirip Thailand,” ungkap Mohammad.

Thailand adalah negara pertama yang sukses membudiyakan tanaman kurma di wilayah tropis Asia Tenggara. Bahkan kurma kini menjadi salah satu tanaman andalan Thailand.

Menurut Indonesia Date Palm Association (IDPA), satu pohon kurma bisa menguntungkan hinga 35 juta.

Selain itu Kurma bisa di tanam di rumah dengan cara stek dan melalui pembibitan lewat biji.

Jahe Merah


Usaha budidaya jahe merah merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang cukup populer dan menguntungkan. Masyarakat di pedesaan cukup banyak membudidayakan jahe merah untuk dijual ke masyarakat kota atau bahkan ke luar negeri karena memang permintaan akan jahe merah cukup tinggi.

Khasiat dan manfaat jahe merah yang cukup besar pada kesehatan menjadi salah satu alasan tingginya permintaan akan jahe merah tersebut. Rimpang jahe merah ini biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat obat-obatan dan juga bahan makanan. Jadi, boleh dibilang usaha budidaya jahe merah potensinya sangat cerah di masa mendatang.

Sebenarnya, tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, dengan modal yang kecil saja Anda bisa mendapatkan keuntungan signifikan. Begitu juga dengan bisnis usaha budidaya jahe merah. Dengan modal minim, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Memanam jahe cukup simple bisa dengan dua media yaitu pot dan tanah biasa. Untuk pemeliharaan jahe tidak lah sulit karena tanaman ini bisa tumbuh liar.

Pepaya California.



Nama pepaya california dari waktu ke waktu terus meroket. Popularitas pepaya jenis california ini memang tak terbendung di tanah air. Harga jual dari pepaya california memang terbilang tinggi. Banyak petani yang membudidayakan varietas pepaya california dengan skala peluang besar.

Peluang usaha budidaya pepaya california memang bukan main, untung yang didapat terbilang tinggi. Hal ini lantaran permintaan pepaya california di pasaran semakin tinggi. Rupanya masyarakat banyak yang lebih suka dengan pepaya california yang berasal dari amerika ini.

 Pasalnya rasanya lebih manis, dagingnya lebih tebal, serta daya simpan lebih lama tak heran pepaya california jadi primadona. Potensi bisnis budidaya pepaya california memang terbilang menjanjikan. Cara budidaya pepaya california sangat mudah dibandingkan jenis pepaya yang lainnya. Tingkat produktifitas tanaman pepaya california sangat tinggi sehingga cepat berbuah.

Selain itu tanaman pepaya california memiliki sifat teloren terhadap iklim dan cuaca. Andapun bisa menaman pepaya california di lahan apa saja termasuk lahan gambut.

Untuk memulai bisnis budidaya pepaya california ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya pepaya california di rumah.

Pisang Ambon.

Tentunya Anda sudah asing lagi dengan yang namanya pisang. Pisang menjadi salah satu buah yang memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Buah nikmat yang satu ini merupakan jenis buah yang popular dan banyak dijajakan di berbagai tempat. Pisang tentunya menjadi bahan makanan yang dapat diolah dalam berbagai sajian makanan dan minuman.

 Tingginya penggemar buah pisang menjadikan budidaya pisang banyak dilakukan. Berbagai jenis pisang banyak di budidayakan salah satunya adalah pisang ambon. Pisang yang satu ini memiliki banyak penggemar dan peminat. Peluang usaha budidaya pisang ambon memang terbilang sangat menjanjikan. Cara budidaya pisang ambon ini memang bisa dikatakan tidak sulit.

Dimana cara budidaya pisang ambon ini tidak membutuhkan teknik secara khusus. Budidaya pisang ambon memang bisa dilakukan di berbagai tempat asalkan tanahnya subur. Masa tanam dari budidaya pisang ambon ini memang dapat dikatakan tidak lama. Sehingga Anda dengan mudah memetik hasil panen pisang ambon ini.

Cara pemasaran dari budidaya pisang ambon ini memang bisa dibilang tidak sulit. Sehingga Anda bisa menjalankan bisnis budidaya pisang ambon ini dengan langkah yang mudah.

Nanas

Nanas menjadi salah satu komoditas tanaman yang banyak dimnfaatkan buahnya untuk olahan makanan. Buah dengan tampilan warna kuning ini memang banyak digemari oleh masyarakat.

Selain nikmat dimakan secara langsung, buah nanas kerap diolah dalam berbagai jenis makanan. Banyak perusahaan dan pabrik besar yang membutuhkan pasokan buah nanas dalam besar.

 Buah nanas ini kerap dijadikan olahan makanan mulai dari keripik, selai, sirup, sari buah dan olahan lainnya. Peluang usaha budidaya nanas memang sangat menjanjikan.

Dimana budidaya nanas memiliki peluang yang masih terbuka lebar. Keuntungan yang didapatkan dalam budidaya nanas memang mampu menghasilkan keuntungan yang bernilai besar. Permintaan buah nanas yang makin tinggi baik pasar dalam negeri hingga luas negeri.

Wilayah Indonesia dengan dataran tinggi yang beriklim sejuk sangat cocok untuk budidaya nanas. Teknik atau cara budidaya nanas sendiri memang tidaklah sulit.

Buah nanas juga merupakan buah musiman yang dapat dipetik panennya saat musim panen tiba. Prospek budidaya nanas memang masih bagus sehingga Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja
close