Fakta menarik tentang arab - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta menarik tentang arab

Mendengar kata Arab, biasanya kita langsung mengasosiakan dengan beberapa asumsi dan kondisi tertentu yang ternyata belu tentu benar.

Berikut ini kita simak beberapa fakta gaya hidup orang Arab yang sering disalahartikan oleh orang Indonesia:

1.Tidak Semua Arab Beragama Islam

Selama ini setiap mendengar kata Arab kita langsung mengasosiasikan dengan Islam. Namun pada kenyataannya ada banyak juga orang Arab yang tidak beragama Islam.

Arab Kristen adalah kelompok non-Muslim Arab yang paling dominan. Pada umumnya mereka mengikuti tradisi Gereja-Gereja Timur (Eastern Churches) seperti Gereja Ortodoks Yunani atau Gereja Katolik Yunani.

Mekipun banyak juga dari mereka yang mengikuti gereja-gereja Protestan. Selain itu, Bangsa Arab juga ada yang menjadi pengikut Gereja Maronite (terbesar di Libanon), Gereja Koptik (berpusat di Mesir), dan Gereja Ortodoks Suriah (di Suriah).

2.Tidak Semua Arab itu Kaya

muslim, kita juga sering menganggap semua negara Arab itu kaya. Kenyataannya hanya beberapa negara aja yang boleh dianggap kaya seperti Saudia, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, dan Bahrain.


Selebihnya bahkan ada yang lebih miskin dari Indonesia seperti Yaman, Mesir, da Sudan.

3.. Arab identik dengan gamis

Kita juga sering mengidentikan Arab dengan gamis. Pada kenyataannya tidak semua lelaki Arab memakai gamis.

Selain itu tidak semua lelaki Arab juga memelihara jenggot loh arena banyak yang klimis.

4.Tidak semua perempuan Arab bercadar

Selain jenggot, ada juga anggapan bahwa semua perempuan Arab pasti memakai hijab dan bercadar, niqab atau bahkan burqa.

Namun pada kenyataannya, perempuan Arab juga memakai busana yang berbeda-beda.

Di antara "negara-negara Arab”, hanya Saudi saja yang cukup ketat dalam hal tata-busana termasuk pemakaian cadar karena negara-kerajaan ini dipengaruhi oleh Mazhab Hanbali yang terkenal tekstualis-konservatif. Meski begitu, di Saudi pun, khususnya di kota-kota besar, karena faktor perkembangan zaman yang begitu pesat, kita akan dengan mudah menjumpai kaum perempuan yang tidak mengenakan cadar.

5.Semua Negara Arab adalah Negara Islam

Selain itu , kita juga sering mengaggap bahwa semua negara Arab adalah negara Islam yang megusung faham kilafah.

Pada kenyataannya,negara-negara Arab mengikuti sistem politik-pemerintahan yang beraneka ragam. Ada yang mengikuti sistem monarkhi seperti Saudi, Bahrain, Kuwait, Yordania, Maroko, Oman, dlsb.

Sebagai negara-kerajaan pun mereka berlainan: ada yang mengikuti sistem kesultanan (seperti Oman), monarkhi konstitusional (seperti Kuwait), keamiran (Qatar), kerajaan federal (seperti Uni Emirat Arab), dan seterusnya. Selain itu, negara-negara Arab juga banyak yang mengikuti sistem Republik seperti Mesir, Yaman, Sudan, Libanon, Aljazair, Suriah, Irak, dan lain sebagainya.

Uniknya faham khilafah pun ditolak di hampir semua negara Arab?

Demikian 5 fakta mengenai gaya hidup orang Arab yang sering disalahartikan oleh orang Indonesia.
close