5 Peluang usaha dengan Lahan Sempit - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Peluang usaha dengan Lahan Sempit


Banyak penduduk kota yang ingin memiliki usaha rumahan. Sayangnya, terhambat lahan yang tak cukup luas. Padahal, ada beberapa bisnis yang bisa dikembangkan hanya dengan memanfaatkan lahan yang sempit lho.

mengumpulkan berbagai peluang usaha yang bisa dikembangkan hanya dengan memanfaatkan lahan sempit.

1. Sayuran hidroponik

Model budi daya sayuran ini sudah ada sejak lama. Tetapi banyak yang belum menjadikannya sebagai bisnis. Padahal, perawatan sayuran hidroponik terbilang cukup sederhana. Berbekal paralon bersusun, air, dan nutrisi, serta bibit tanaman, beberapa sayuran seperti sawi, kangkung, cabe, atau tomat, maka tanaman-tanaman bisa tumbuh dengan baik.

2. Jamur Merang

Camilan dari jamur menjadi salah satu kudapan favorit pengganti kentang maupun sosis. Maka dari itu, bisnis ini juga dianggap dapat mendatangkan profit yang lumayan. Dimulai dari persiapan ruangan dengan ukuran sekitar 6x4 meter dan tinggi minimal 3 meter, bisnis jamur merang sudah bisa dimulai.

3. Berbagai jenis ikan

Memenuhi berbagai lesehan yang ada di Indonesia, bisnis ikan menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Bagi kamu yang tinggal di perkotaan, bisnis ini masih bisa dikembangkan. Pasalnya, hanya dengan berbekal terpal, ember, baskom atau apapun yang bisa digunakan untuk menampung air dan ikan, bisnis ini sudah bisa dikembangkan.

Pastikan ikan yang dikembangbiakkan adalah ikan air tawar seperti lele, mujair, atau jika bisa merawat dengan baik dan lahan yang agak luas, ikan gurame atau lobster air tawar bisa dijadikan tambahan.

4. Tanaman hias

Semakin hari, kesadaran akan penghijauan juga semakin meningkat. Dampaknya, banyak orang yang berburu tanaman hias yang tidak hanya berfungsi mempercantik ruangan, tetapi juga menimbulkan kesan menyejukkan.

Berbekal bibit, biji atau stek dengan pot, bisnis tanaman hias sudah bisa dimulai. Kamu bisa memulainya dengan menanam kaktus gurun atau tanaman sukulen.

5. Burung kicauan

Pamor pasar burung kicauan semakin besar dan meluas. Tidak hanya para pria dewasa, pasar bisnis ini sudah merambah remaja atau dewasa awal. Berbagai kompetisi pun kerap diadakan.

Kamu bisa mencoba peruntungan dengan mengembangbiakkan burung kicauan. Beberapa jenis burung yang biasa dikembangbiakkan adalah kenari, murai batu, dan love bird.

Peluang bisnis di atas dapat dimulai di lahan sempit sekitar rumah maupun di lantai atas rumah yang tidak terpakai.
close