5 usaha pertanian yang menjanjikan kekayaan - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 usaha pertanian yang menjanjikan kekayaan

Peluang usaha dalam sektor pertanian akan terus berkembang mengikuti perubahan zaman yang juga semakin modern, khususnya diikuti juga dengan perkembangan teknologi yang semakin mempermudah dalam mencari inspirasi.

Hasil dari usaha pertanian sudah menjadi kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan masyarakat luas, sehingga ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengelola usaha pertanian dengan lebih profesional lagi.

Berikut ini, beberapa usaha pertanian yang menjanjikan saat ini yang bisa dipilih sesuai dengan banyaknya modal yang anda miliki :

1. Sayur Organik

Masyarakat modern saat ini sudah semakin jeli dan pintar dalam memilih makanan sehat apa yang baik untuk di konsumsi. Dan salah satunya adalah sayuran organik yang jauh lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida pada saat proses penanaman.

Sayuran dan juga buah buahan yang ditanam secara hidroponik ini menjadi peluang usaha pertanian yang bisa memberikan keuntungan besar. Sedangkan untuk pemasaran dimulai dari kalangan bawah, menengah sampai kalangan atas.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa pot atau polybag pada lahan yang tidak terlalu luas lalu bisa disusun dengan rapi ataupun di gantung pada pekarangan rumah sebab menanam sayuran organik merupakan salah satu bisnis rumahan modal kecil menguntungkan yang cukup mudah dilakukan bagi pemula.

Apabila lahan yang tersedia cukup luas, maka tanaman organika yang bisa ditanam juga semakin banyak.

2. Bibit Tanaman

Usaha menjual bibit tanaman memang bukanlah jenis usaha yang mudah dijalankan untuk pemula. Akan tetapi, peluang usaha ini sangat bagus untuk dipelajari karena bisa mendatangkan prospek yang sangat besar.

Bibit tanaman ini tidak hanya dibutuhkan dalam sektor pertanian dan perkebunan saya, akan tetapi beberapa orang yang memiliki hobi menanam juga membutuhkan bibit ini untuk ditanam sendiri di rumah.

Untuk proses pemasaran, anda bisa melakukan promosi yang lebih sering dengan cara memasang iklan secara online, selebaran dan berbagai cara penjualan lainnya.

3. Pupuk Tanaman

Usaha pertanian selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah menjual pupuk tanaman yang sangat laku keras khususnya jika tempat tinggal anda berdekatan dengan area sawah, ladang dan juga perkebunan sebab menjadi bisnis yang menguntungkan di desa. Ketiga jenis tempat ini sangat membutuhkan pupuk yang sangat banyak dalam proses penanaman usaha mereka.

Sementara untuk anda yang tinggal di wilayah perkotaan, maka bisa menjual pupuk ini dalam kemasan plastik yang lebih kecil sekitar 1 kilogram sampai 5 kilogram yang bisa digunakan untuk tanaman hias, sayuran dalam pot kecil dan berbagai kebutuhan lainnya.

4. Tanaman Hias

Peluang usaha menjanjikan selanjutnya dari sektor pertanian adalah budidaya tanaman hias yang saat ini juga tengah digandrungi para masyarakat luas baik di desa ataupun perkotaan. tanaman hias sering dipilih untuk dijadikan hiasan teras atau halaman karena bisa menyejukkan mata sekaligus menciptakan udara yang juga jauh lebih segar.

Tanaman hias sendiri memiliki jenis sangat bervariasi dan spesifikasi yang bisa disesuaikan dari segi budget yang anda miliki.

5. Tanaman Rempah

Memulai usaha dengan menjual rempah rempah juga akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Semua rempah dan juga bumbu sangat dibutuhkan masyarakat untuk memasak bahkan untuk pengobatan dari mulai memasak keperluan keluarga sampai restoran besar.

Menanam rempah rempah juga tidak membutuhkan lahan yang besar dan beberapa jenis rempah yang bisa anda tanam untuk dijual diantaranya adalah bawang merah, lengkuas, kunyit, sereh, jahe, bawang putih dan beberapa jenis rempah lainnya.
close