7 Hewan mitos paling populer - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hewan mitos paling populer

Pada umumnya setiap daerah memiliki legenda tentang hewan mitos yang dipercaya ada oleh penduduknya. Mereka biasanya hadir di dalam legenda atau cerita rakyat yang disebarkan melalui tradisi lisan secara turun-temurun.

Walaupun banyak yang memercayainya, sebenarnya hewan tersebut tidak nyata. Mereka hanyalah buah dari pemikiran dan imajinasi manusia. Orang-orang menganggapnya ada karena hewan tersebut menarik untuk dibicarakan dan bisa membuat kita takut.

Ingin tahu hewan mitos apa saja yang paling populer dan kisah di baliknya? Simak penjelasan berikut ini.


1. Kraken

Kraken adalah monster laut kuno yang beredar di legenda dunia, khususnya Yunani dan Norwegia. Ia terlihat seperti gurita tetapi berukuran sangat besar. Orang-orang percaya bahwa makhluk ini bisa menenggelamkan kapal. Saking menakutkannya, kraken sering diadaptasi ke dalam film. Contohnya di Pirates of Carribean dan Clash of the Titans.

Dilansir dari List 25, seorang pelaut dari Jepang mencoba mencari makhluk ini di Samudera Pasifik. Hasilnya, ia memang berhasil menemukan seekor cumi-cumi besar tetapi itu bukanlah kraken.


2. Phoenix

Phoenix adalah burung yang sering muncul di dalam mitologi kuno, termasuk Yunani, Mesir, dan suku Indian. Ia digambarkan terlihat seperti elang, tetapi juga menyerupai bangau dengan bulu yang halus. Keunikan lain dari makhluk mitos ini adalah hanya ada satu ekor phoenix dalam satu waktu.

Orang memercayainya sebagai makhluk yang melambangkan kehidupan abadi. Kenapa demikian? Ini karena burung tersebut bisa hidup kembali setelah mati. Ketika ia merasa hidupnya segera berakhir, yaitu sekitar seribu tahun sekali, phoenix akan membangun pemakamannya sendiri. Ia mengumpulkan kayu aromatik untuk membakar dirinya. Setelah menjadi abu, ia akan bangkit kembali.


3. Naga

Kamu tentu sudah mengetahui asal dari hewan mitos yang satu ini kan? Benar, kisah tentang naga berasal dari China. Masyarakat setempat sudah memercayai hewan ini setidaknya sejak 4.000 tahun yang lalu.

Naga digambarkan sebagai reptil besar yang bisa terbang dan mengeluarkan api sebagai napasnya. Tidak hanya itu, hewan agung tersebut juga bisa menembakkan racun mematikan dari dalam lubang hidungnya. Walaupun terlihat buas, masyarakat China menganggap naga sebagai simbol dari keberanian dan kepahlawanan.


4. Unicorn

Apa yang terlintas di kepalamu saat mendengar unicorn? Anggun, bertanduk, pelangi, iya kan? Sejak dulu, unicorn memang diasosiasikan sebagai makhluk mulia yang memikat. Kebanyakan budaya menggambarkan hewan mitos ini sebagai kuda putih bertanduk satu di dahinya. Tanduknya tidak terlihat menyeramkan, melainkan berbentuk spiral dan mengkilat, menambah keanggunan makhluk tersebut.

Berbeda dari hewan mitos yang biasanya menakutkan, unicorn adalah simbol dari kemurnian dan kebaikan. Orang-orang percaya siapa pun yang membunuh makhluk tersebut akan dikutuk dan tidak diampuni.


5. Basilisk

Pernah mendengar makhluk ini sebelumnya? Ia pernah muncul di Harry Potter and the Chamber of Secrets. Basilisk sebenarnya cukup berbeda dengan yang digambarkan di film tersebut. Dilansir dari All That’s Interesting, ia memiliki kepala seperti ayam, mata seperti katak, tubuhnya dilapisi sisik, dan bagian belakangnya seperti ular.

Hewan ini dipercaya sangat beracun. Orang-orang takut dengan basilisk karena ia bisa membunuh hanya dengan sorot matanya. Ia juga akan meninggalkan racun di tempat-tempat yang ia lewati.


6. Hydra

Hydra adalah makhluk menakutkan lain yang ada di dalam mitologi Yunani dan Romawi. Bentuknya saja sudah menyeramkan. Ia memiliki sembilan kepala ular dengan badan yang sangat besar.

Makhluk ini sangat sulit untuk dibunuh karena setiap kali kepalanya dipotong, akan ada dua kepala lagi yang tumbuh di tempat itu. Dilansir dari All That’s Interesting, hydra adalah manifestasi dari ketakutan manusia terhadap ular.


7. Sphinx

Sphinx yang kita ketahui adalah sebuah patung terkenal di Mesir. Ia memiliki badan seperti singa dan berkepala manusia. Nam