5 Gaya Hidup Orang India Yang Patut Kita Tiru - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Gaya Hidup Orang India Yang Patut Kita Tiru

India merupakan negara dengan kebudayaan yang sudah berusia ribuan tahun. Bahkan Indonesia sendiri banyak menerima pengaruh budaya India yang sudah dianggap sebagai budaya lokal.

Selain itu masyarakat India juga memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang khas. Bebeapa di antaranya patut kita tiru karena merupakan kebiasaan atau gaya idup yang angat baik.

Yuk kita simak 5 di antaranya:

1.Biasa Hidup Sebagai Vegetarian


Referensi pihak ketiga
Kebanyakan masyarakat India yang menganut agama Hindu yang mengajurkan gaya hidup dan kebiasaan vegetarianisme. Selain itu sapi dianggap suci dan tidak boleh dikonsumsi. Diperkirakan sekitar 60% orang India vegetarian dan punya persentase terendah dalam hal konsumsi daging per kapita.

Banyak sekali manfaat dari vegetarian di antaranya adalah meningkatnya kesehatan tubuh secara menyeluruh, berat tubuh terkontrol, dan menurunkan potensi penyakit serius seperti kanker prostat, kanker usus besar, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

2.Pernikaha dipandang sebagai ikatan seumur hidup.


Referensi pihak ketiga
Di India mash banyak terdapat tradisi perjodohan dan pernikahan usia anak-anak. Walaupun begitu kesetiaan masih dipegang teguh dan dianggap sakral oleh penduduk India.


Karena itu, tingkat perceraian sangat rendah. Pernikahan yang berakhir dengan perceraian hanya berbanding 1:100 dan menjadikannya negara dengan kasus perceraian terendah di dunia.

3.Orang India dikenal pantang menyerah.


Referensi pihak ketiga
Penduduk India sangat banyak, yaitu sekitar 1,3 Milyar. Karena itu persaingan di sana sangat ketat. Mereka bersaing ketat untuk mendapatkan lapangan kerja dan rezeki. Hal ini menuntut mereka lebih gigih dan pantah menyerah. Gak jarang, mereka mempersiapkan ini dari jauh-jauh hari dengan sekolah keluar negeri.

Selepas lulus, ia akan berusaha bekerja dengan maksimal. Tidak heran jika sekarang kita melihat nama-nama India dalam jajaran perusahaan teknologi dunia. Di sana juga ada kota Bangalore, yang jadi pusat pertumbuhan IT. Selain itu, India juga dikenal karena industri film dan tekstilnya yang mumpuni. Etos kerja mereka memang tak perlu diragukan lagi

4.Biasa Hidup sederhana


Referensi pihak ketiga
Orang India juga biasa hidup sederhana. Dibandingan mengikuti tren yang dipopulerkan artis Bollywood atau artis dunia, mereka lebih memikirkan fungsinya ketimbang gaya.

Model busana yang dijual di toko, hampir semua potongannya sama. Hanya aksesoris dan motif yang berbeda. Rumah-rumahnya juga hampir seragam dengan bagian atap yang difungsikan untuk menjemur pakaian dan bermain. Dalam makanan, masyarakat India terbiasa dengan makanan rumahan dan membawa bekal dari rumah masing-masing.

5.ahimsa, satyagraha, dan swadesi


Referensi pihak ketiga
Ahimsa adalah ajaran untuk menjunjung tinggi anti kekerasan. Sebaliknya, ciptakan suasana membangun, cinta, dan berbuat baik kepada orang lain meski telah menyakitinya atau musuh sendiri. Satyagraha adalah berpegang teguh pada kebenaran. Swadesi adalah cinta tanah air dan mengabdi kepada masyarakat dengan dimulai dengan lingkungannya lebih dahulu. Hal ini bisa dipraktekkan dengan menggunakan produk dalam negeri