6 Kunci Sukses Bisnis Tempat Makan di Era Teknologi - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kunci Sukses Bisnis Tempat Makan di Era Teknologi

Kunci sukses dari bisnis rumah makan gak hanya diukur dari seberapa enak hidangan, segmentasi pasar, promosi. dan faktor lokasi saja. Banyak sekali ide atau hal-hal yang sangat menentukan bisnis tersebut jadi laris di masa depan.

Para pebisnis yang jenius, tentu memasukkan beberapa ide yang akhirnya sukses diimplementasikan di rumah makannya. Alhasil, bukan cuma pelanggan yang berdatangan, manajemen keuangan dan arus kas usahamu juga makin sehat.

Ingin tahu, ide apa saja yang bisa diaplikasikan untuk bisnis rumah makan milikmu agar usahamu bisa moncer di masa depan? Yuk simak di bawah sini.

1. POS system


Tahu apa itu Point of Sales (POS) atau yang biasa disebut sebagai sistem kasir digital. Sederhana saja, sistem ini sejatinya mempermudah transaksi oleh para pelanggan, dan bahkan bisa terhubung dengan seluruh e-wallet yang ada di Indonesia.

Akan tetapi sistem ini bisa membantumu untuk menganalisa laporan laba dan rugi, hingga stok barang, hingga kebutuhan lainnya.

Jelas sekali, POS System tentu bisa menjadi solusi bagi bisnis rumah makan milikmu bukan? Seandainya kamu masih menggunakan sistem cash register, maka setiap hari kamu harus menginput transaksi yang masuk secara manual.

Yang paling penting lagi nih, dengan adanya kasir digital maka petugas kasirmu gak bakal bisa berbuat curang.

2. Menu kombo


Coba perhatikan menu dari beberapa restoran siap saji. Pasti ada menu kombo yang isinya bervariasi tapi harganya lebih murah.

Menu menyajikan nasi, lauk, dan minuman sekaligus. Hanya saja porsi untuk lauk memang gak besar.

Asal kamu tahu, ide ini ternyata dicetuskan oleh McDonald’s lho. Dengan adanya menu ini, pelanggan gak akan kebingungan mencari menu yang bisa membuat mereka kenyang dengan bujet terjangkau.

3. Jadi rekanan usaha transportasi online


Menjalin kerja sama dengan beberapa transportasi online juga harus dipertimbangkan, tujuannya tentu saja untuk mempermudah layanan pesan antar makanan.

Berterimakasihlah dengan aplikasi transportasi online ini. Karena dengan adanya mereka, pemilik tempat makan gak perlu berinvestasi besar-besaran untuk merekrut pengantar makanan. Setuju gak?

4. Instagram


Bagaimana cara untuk mempromosikan bisnis rumah makan milikmu dengan cara yang murah? Tentu saja dengan media sosial. Nah, media sosial yang ideal untuk bisnis ini adalah Instagram.

Untuk membuat para pelanggan menjadi kepo soal rasa hidangan di sebuah tempat makan adalah foto menunya yang menggugah selera. Nah sekarang gimana caranya bisa menunjukkan menu-menu lezat itu ke netizen tanpa Instagram?

Beriklan di Instagram juga gak mahal kok. Kamu bisa lakukan hal ini agar tempat makanmu bisa dikenal banyak orang.

5. Wifi


Kapanpun dan di manapun, internetan adalah hal yang pasti dilakukan oleh hampir seluruh orang yang tinggal di kota-kota besar.

Jika memang memungkinkan, menyediakan wifi gratis tentu bisa jadi solusi. Terutama jika lokasi tempat usahamu terletak di wilayah yang sinyalnya kurang bagus.

6. Koki yang handal


Nah ini yang gak kalah penting. Merekrut koki itu adalah tantangan terbesar bagi seluruh pemilik bisnis rumah makan.

Juru masak yang handal, tangguh, dan bertangan dingin itu susah dicari. Selain jago masak, dia juga harus sanggup melatih karyawan baru hingga mengawasi dapur dengan cermat.

Untuk merekrut koki terbaik, ketahuilah jenis makanan yang dihidangkan di tempat makanmu, setelah itu lakukan seleksi berdasarkan latar belakang pendidikannya dan pengalaman kerjanya.

Beberapa koki mungkin punya gelar atau sertifikasi di bidang kuliner. Tapi belum tentu dia bisa jadi tim kerja yang baik.