10 Negara dengan mata uang terendah didunia - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Negara dengan mata uang terendah didunia

Seperti yang kita tau bahwa nilai tukar rupiah saat ini sedang melemah terhadap dolar amerika. Teman-teman tinggi rendahnya nilai tukar mata uang di pengaruhi oleh permintaan dan penawaran negara tersebut.

Sederhanya itu kayak gini, kalau export tinggi dan import rendah rupiah bisa terbantu untuk menguat begitu juga sebaliknya. Tapi sayang saat ini rupiah menjadi salah satu mata uang dengan nilai tukar paling rendah didunia.

Selain rupiah, masih ada kok negara dengan nilai tukar mata uang terendah didunia. Yuk kita cek negara dengan nilai tukar mata uang terendah didunia:

10. KAMBOJA

Negara yang terletak di asia ini termasuk negara dengan nilai tukar mata uang terendah didunia. Untuk satu dolar dapat di konversi menjadi 4.088 KHR sementara untuk 1 rupiah setara dengan 0.279 KHR. Secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi negara ini sangat pesat dalam 10 tahun terakhir walau masih kalah sama negara ASEAN lainnya.

9. PARAGUAY

Negara yang pernah 8 kali lolos piala dunia ini ada didaftar ke 9 sebagai negara yang memiliki mata uang terendah. Nilai tukar $1 = 5.739 PYG. Sementara bila di konversi ke rupiah sama dengan Rp. 1 = 0,391 PYG. Potensi terbesar perekonomian paraguay adalah sektor pertanian dan tantang terbesar dihadapi adalah kesenjangan antara tuan tanah dan buruh pekerja yang menghambat laju perekonomian.

8. SIERRA LIONE

Adalah salah satu negara miskin didunia jadi wajar aja ya jika Sierra Lione menjadi negara dengan mata uang terendah ke 8 didunia. Nilai konversi $1 = 8.373 SLL. Sedangkan jika di konversi ke rumah Rp. 1 = 0,572 SLL, Sierra Lione sebenarnya tidak miskin-miskin amat karena memiliki potensi ekonomi dalam bidang pertanian dan pertambangan berlian. Tantangan terbesarnya adalah mengendalikan penyakit HIV/AIDS yang merajalela disana, wah bahaya juga ya

7. UZBEKISTAN

Uzbekistan adalah negara muda pecahan Uni Soviet, ekonominya yang tengah bertumbuh menjadi salah satu faktor mata uang rendah. Jika di konversikan mata uang Uzbekistan $1 = 7.805 UZS sedangkan jika di konversikan ke rupiah Rp. 1 = 0,53 UZS.

Uzbekistan memiliki potensi pertanian, peternakan dan pertambangan yang sangat besar namun potensi-potensi itu belum di kelola dengan baik. Selain itu tau dong pesona wanita Uzbekistan yang terkenal akan kecantikannya.

6. LAOS

Perekonomian Laos utamanya di topang oleh ekport komoditas pertanian negara di Asia tenggara ini memiliki nilai mata uang yang cukup rendah juga lo. Nilai ukar mata uang laos terhadap dolar adalah $1 = 8.550 LAK.

Sementara jika di konversi ke mata uang rupiah senilai Rp. 1 = 0,548 LAK, pencapaian terbaik Laos adalah bertumbuh menjadi negara berkembang setelah dekade lalu sempat masuk dalam 10 negara terbelakang di dunia. Salut nih buat negara tetangga kita.

5. GUINEA

Invlasi yang tinggi menjadi salah satu penyebab rendahnya mata uang frank terhadap dolar. butuh sebanyak 9.048 GNF untuk menukar $1 sementara itu nilai 0,618 GNF untuk menukar Rp. 1. Demi meningkatkan perekonomian salah satu negara dengan pendapatan perkapita rendah didunia itu kini mulai menggalakkan kerjasama ekonomi terutama dengan negara-negara asia seperti tiongkok juga indonesia.

4. INDONESIA

Negara kita rupanya masuk dalam 4 besar sebagai negara dengan mata uang terendah didunia. Apalagi saat ini rupiah semakin terpuruk terhadap dolar, nilai tukar rupiah terhadap dolar $1 = Rp. 15.000. Rekor rupiah terlemah sejak 2015 kendati pun nilai tukar kuta rendah namun bila di bandingkan dengan sembilan negara lain potensi perekonomian kita adalah yang terbesar, bahkan dalam ukuran dunia masuk dalam 16 besar perekonomian dunia, hebat ya Indonesiaku.

3. SAO TOME & PRINCIPE

Salah satu negara ini memiliki mata uang rendah adalah import yang mencapai 90% untuk konsumsi domestik. Nilai tukar mata uang negara ini terhadap dolar adalah $1 = 21.154 Dobra sedangkan nilai tuker terhadap Rupiah adalah Rp. 1 = 1.445STD. Potensi yang dapat di kembangkan oleh negara kepulauan ini adalah sektor pertanian dengan menggalakkan kembali industri gula dan beberapa hasil pertanian lain sementara tantangan yang dihadapi adalah memulihkan lahan kritis yang ada.

2. VIETNAM

Vietnam adalah negara keempat ASEAN yang memiliki nilai tukar mata uang rendah $1 = 23.347 VND sedangkan nilai tukar terhadap rupiah Rp.1 = 1,59 VND.

Vietnam yang berkembang pesat seperti indonesia dengan penanaman modal asing dan export pertanian terutama kopi. Nah vietnam ini merupakan eksportir kopi terbesar kedua dunia mengalahkan Indonesia.

1.IRAN

Predikat nilai tukar mata terendah didunia adalah Real Iran, nilai tukar Real Iran terhadap dolar adalah $1 = 41.827 IRR. Sementara bila dikonversi kerupiah sama dengan Rp. 1 = 2,86 IRR. Sejatianya Iran adalah negara terkaya, data terbaru menunjukkan sektor jasa pertambangan dan pertanian menjadi komoditas bagi pertumbuhan ekonomi iran. Namun sayang banget embargo ekonomi amerika menjadi penghalang utama ekonomi negara ini untuk berkembang.

Nah itu tadi 10 negara dengan nilai tukar terendah di dunia

Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2018/11/16/10-mata-uang-terendah-di-dunia-tahun-2018-rupiah-nomor-berapa