Bawang Putih Malaysia Banjiri Pasar Flamboyan - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bawang Putih Malaysia Banjiri Pasar Flamboyan

Pascaditutupnya impor bawang putih dari Cina, impor bawang putih asal Malaysia membanjiri Pasar Flamboyan Pontianak. Penutupan impor asal Cina merupakan tindakan pemerintah akibat dari merebaknya virus Corona.

"Banyaknya bawang putih asal Malaysia di pasaran, sejak pemerintah secara resmi menutup impor dari China dampak merebaknya virus Corona," kata pedagang sembako di Pasar Flamboyan, Iswan di Pontianak, dilansir Antara, Kamis, 17 Februari 2020.

Iswan menjelaskan bahwa harga jual bawang putih asal Malaysia juga lebih murah dibanding bawang putih asal China. Masyarakat juga lebih memilih bawang putih asal Malaysia karena hargannya lebih terjangkau.

"Harga jual bawang putih asal Malaysia saat ini Rp40 ribu/kilogram, sementara asal China bisa di atas harga tersebut," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pascaditutupnya impor asal China, stok bawang putih asal China juga sedang kosong dan sulit didapatkan.

"Harga bawang putih saat ini turun, karena dengan masuknya bawang putih asal Malaysia, kalau tidak maka harganya kemarin sempat Rp70 ribuan per kilogram," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo membenarkan, saat ini harga bawang putih sudah turun dari sebelumnya Rp70.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

Sementara itu harga normal bawang putih di pasaran, yakni sekitar Rp28 ribu per kilogram hingga Rp30 ribu per kilogram.

Haryadi menambahkan, saat ini stok bawang putih masih cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, dan tidak melakukan pembelian dalam jumlah banyak, yang hanya akan memicu kenaikan harga.