Dolar terpuruk rupiah kian menguat - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dolar terpuruk rupiah kian menguat

Rupiah kian merajai dunia, sebaliknya Dolar AS meratapi nasib yang tak baik sepanjang perdagangan spot Kamis (9/01/2020).

Bagaimana tidak, sejak pagi tadi, dolar AS berada di urutan terbawah di antara deretan mata uang utama di dunia.

Jelang sore ini, mata uang Paman Sam itu hanya unggu tipis terhadap yen. Adapun di hadapan mata uang lainnya, dolar AS keok, termasuk di antaranya dolar Australia, poundsterling, euro, dolar New Zealand, dolar Taiwan, baht, dolar Singapura, yuan, dolar Hong Kong, won, dan rupiah.

Berbanding terbalik dengan dolar AS, nilai tukar rupiah justru tengah menikmati peruntungan yang baik sejak pagi tadi. Hingga pukul 14.22 WIB rupiah mampu membungkam dolar AS hingga terdepresiasi -0,32% ke level Rp13.848.

Rupiah juga masih konsisten untuk menempatkan dolar Australia (0,24%), poundsterling (0,25%), dan euro (0,25%) di zona merah. Kendati di kancah global rupiah masih tak terkalahkan, posisi rupiah di Benua Kuning kini tergeser menjadi posisi ketua terbaik setelah dolar Taiwan (-0,02%).

Beruntung, keperkasaaan sang Garuda terhadap mata uang Asia lainnya masih sangat sulit untuk dilawan. Pasalnya, rupiah terapresiasi lebih dari 0,30% terhadap mayoritas mata uang Asia, seperti yen (-0,46%), dolar Singapura (0,34%), dolar Hong Kong (0,34%), won (0,33%), dan baht (0,31%). Meski terbatas, rupiah juga masih unggul terhadap yuan (0,10%) dan ringgit (0,06%).