Fakta Menarik Tentang Kota Tokyo - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Menarik Tentang Kota Tokyo

Berjalan dikiri dan dilarang merokok di jalanan jadi sekian fakta menarik yang wajib turis tahu sebelum ke jepang. Selain itu, masih ada 10 fakta yang juga wajib dan menarik untuk kita ketahui. Berikut 10 fakta menarik seputar salah satu kota yang paling sibuk di Jepang, Tokyo. Seperti yang dilansir dari hipwee.com, berikut daftarnya.

1. Jangan memberi tip

Memberi tip usai mendapat pelayanan yang baik adalah hal yang wajar. Namun jangan sekali-kali lakukan hal ini di Jepang. Memberikan service terbaik adalah suatu norma dan keharusan. Jadi jangan heran jika kita memberikan tip, para pelayan akan berlari mengejar untuk mengembalikan.

2. Berjalan di sebelah kiri

Tokyo adalah salah satu kota metropolitan yang paling sibuk di dunia. Semua orang berjalan tergesa-gesa agar tidak terlambat. Meski begitu, semua orang tetap harus mematuhi peraturan yang ada, baik tertulis ataupun tidak.


Contohnya, para pejalan kaki berjalan di sebelah kiri. Selain itu, mereka tidak akan menyebrang sebelum lampu lalu lintas menyalakan lampu hijau untuk pejalan kaki. Peraturan ini diikuti seluruh warga jepang, tak hanya Tokyo.

3. Minum di luar, Merokok di dalam ruangan


Jika masuk ke salah satu kafe di Tokyo, jangan heran kalau anda melihat banyak orang bebas merokok. Ya, Jepang memang membebaskan penduduknya untuk merokok di dalam ruangan. Namun jangan harap bisa jika ingin merokok di sembarang jalanan karena itu dilarang. Kalian yang perokok di tempat yang telah disediakan saja.

Sebaliknya, orang yang membeli minuman kaleng dilarang meminumnya di dalam toko. Kalian dipersilahkan minum di luar toko sampai habis dan membuangnya langsung di tempat sampah yang telah disiapkan.

4. Satu kartu untuk semua kereta


Di Jepang, ada 3 jaringan kereta. Untuk memudahkan, perusahaan kereta disana menyediakan satu kartu yang bisa digunakan untuk ketiga jenis kereta tersebut. Kartu tersebut adalah Suica, Pasmo atau IC Card.

Dengan menggunakan kartu ini, traveller akan sangat tertolong karena tak perlu repot membeli karcis sendiri. Namun anda diminta membayar deposit 500 Yen (Rp 56 ribu) untuk mendapat kartu berlangganan tersebut.

5. Banyak kuil


Meski Tokyo merupakan kota yang hampir tak pernah tidur dan selalu ramai, jika berjalan keliling kalian pasti akan menemukan tempat yang tenang. Ketenangan tersebut berasal dari kuil yang hampir selalu ada di setiap sudut. Baik besar maupun kecil, setiap kuil memberikan ketenangan dan ramai disinggahi penduduk untuk sekedar beribadah sebentar.

6. Kata yang sering di teriakan pelayan adalah 'Selamat Datang'


Ada hal unik yang bisa kalian temukan dan sangat sering di dengar ketika di Tokyo. Begitu masuk ke dalam sebuah toko, kalian akan sering mendengarkan teriakan "Irasshaimase". Ini artinya adalah selamat datang. Biasanya, seluruh pelayan toko akan berteriak seperti ini begitu melihat calon pembelinya masuk toko.

7. Sushi yang sangat lezat


Siapa tak kenal sushi? Ini adalah makanan asli Jepang yang wajib kalian coba kalau kalian berlibur ke sana. Di Tokyo, ada suatu pasar yang terkenal menyajikan aneka ikan segar untuk dijadikan sushi, yaitu Tsukiji Market.

Nah, kalau ingin mencicipi sushi dengan kesegaran yang tak terkira, mampirlah ke jejeran toko yang ada di Pasar Tsukiji. Semuanya menyediakan sushi dengan ikan segar yang baru saja di potong di pasar.

8. Free Wifi yang sangat jarang


Internet Jepang memang terkenal cepat. Tapi jangan harap di Tokyo kamu akan mudah menemukan Free Wifi. Free Wifi di Tokyo sangatlah jarang bahkan cenderung sulit. Untuk mendapatkan Wifi gratis, kalian harus makan di restoran tertentu atau menginap di hotel.

9. Banyak kuliner dengan daging babi


Hal ini yang perlu turis perhatikan, khususnya untuk kalian yang tidak memakan daging babi. Makanan dengan olahan daging babi sangat banyak di Tokyo, dan Jepang secara keseluruhan. Bahkan jumlah makanan ini lebih banyak ketimbang olahan daging ayam atau sapi.

Untuk itu kalian harus memperhatikan dan bertanya sebelum membeli. Jika penduduk setempat tidak mengenal kata "pork", anda bisa menggunakan kata "buta" yang artinya babi.

10. Payung transparan adalah payung terfavorit



Saat berjalan kaki di Jepang, jangan kaget kalau kalian melihat banyak orang, baik pria maupun wanita lalu lalang mengenakan payung. Mereka selalu mengenakan payung mulai dari pagi hingga sore hari.

Uniknya, kebanyakan orang Jepang mengenakan payung transparan ketimbang payun berwarna. Ternyata, ada anggapan kalau payung adalah payung favorit orang Jepang.