Investasi yang bikin makmur dimasa tua mu - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi yang bikin makmur dimasa tua mu

sih yang tidak mau hidup makmur? Tinggal goyang-goyang kaki uang terus mengalir. Kehidupan seperti itu pasti didambakan siapapun. Pertanyaannya, bagaimana sih biar bisa hidup makmur di masa depan?

Kebanyakan orang tentu berpikir untuk menabung. Cara ini tidak salah. Namun, sebenarnya fungsi tabungan itu lebih ke kebutuhan darurat. Tabungan tidak bisa menjadi aset investasi.


Nah, empat aset ini bisa bikin kamu makmur di masa depan, apa saja sih?

1. Bisnis


Janganlah ragu dalam memulai bisnismu. Kalau yang kamu ragukan hanyalah kendala modal, mulailah dari bisnis kecil-kecilan yang minim modal. Barulah perlahan kamu bisa mengembangkan bisnis tersebut.

Bisnis akan mendatangkan aset dan pasif income jika kamu kamu bisa menjalankannya. Tapi ingat, mengembangkan bisnis tidak mudah dan tidak bisa instan, harus melalui proses. "Bisnis jalan, Ownernya jalan-jalan" merupakan prinsip yang dipegang oleh beberapa pengusaha agar semangat dalam mengembangkan bisnisnya.

2. Properti


Harga properti yang semakin melejit menjadikannya sebagai aset yang amat berharga. Aset properti meliputi rumah, apartemen, dan yang sedang ramai, bisnis kos-kosan. Bisnis properti tidak akan ada matinya.



3. Kertas


Kertas bisa bikin hidupmu makmur? Jawabannya iya. Namun, kertas yang dimaksud ialah saham. Ketika kamu membeli saham, kamu berhak atas fixed deviden atau pembagian keuntungan perusahaan akan diutamakan dalam pembayarannya. Keuntungan ini bersifat tidak mutlak, tergantung kenaikan perusahaan di bursa saham.

Namun, dalam bermain dunia saham ,kamu juga akan dihadapi resiko yang sangat besar dengan apa yang sudah kamu keluarkan. Jadi tetap saja kamu harus sabar jika ingin mencoba peruntungan di dunia saham.

4. Komoditi


Komoditi yang dimaksud adalah emas. bagi kamu yang takut untuk berinvestasi di dunia saham, kamu bisa mencoba emas sebagai alternatif yang baik. Emas memiliki nilai tetap dan potensi harga naik yang membuat kamu bisa memiliki aset disana.

komoditas emas dianggap sebagai aset yang terbebas dari risiko inflasi, sehingga bila terdapat indikasi akan adanya kenaikan laju inflasi atau kondisi perekonomian tidak menunjukkan pertumbuhan, maka para pengelola dana global akan melakukan pemindahan portofolio. Mereka akan memborong emas sebagaimana yang mereka lakukan ketika perekonomian global sedang lesu.


close