Posisi bercinta yang aman dengan wanita hamil - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi bercinta yang aman dengan wanita hamil

Hamil bukan halangan bagi Bunda untuk melakukan hubungan seks. Justru di saat hamil, kadar hormon estrogen dan progesteron yang naik, dapat meningkatkan libido atau dorongan seks.

Estrogen khususnya, memengaruhi peningkatan aliran darah ke rahim dan seluruh panggul, serta menambah pelumasan vagina dan membuat payudara dan puting lebih sensitif.

Meski begitu, tak sedikit perempuan yang bertanya-tanya terkait aman atau tidaknya berhubungan seks saat sedang hamil termasuk posisi yang aman, dan apa saja anjuran yang perlu dilakukan dan dihindari.

Soal keamanan berhubungan seks saat hamil, dokter Mehmet Oz, M.D. dan Michael Roizen, M.D. seperti dikutip dari Parents.com menulis, selama kehamilan Anda berkembang secara normal, Anda dapat melakukan hubungan seks sesering yang Anda suka. Kecuali ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran atau persalinan prematur.

Beberapa perempuan mengalami perdarahan saat berhubungan seks, terutama pada trimester pertama. Ini disebabkan oleh pembengkakan normal kapiler di serviks, yang dapat pecah ketika teriritasi saat berhubungan seks.

Karena tubuh tidak banyak berubah pada trimester pertama, seks dapat dilakukan seperti biasanya. Baru ketika perut sudah mulai membesar, beberapa posisi mungkin lebih sulit dilakukan.

Pakar seks Pepper Schwartz, PhD  menyarankan beberapa posisi seks terbaik saat hamil besar.

Posisi sendok

Posisi ini bisa memberi sensasi nyaman dan intim. Untuk melakukannya, Bunda perlu mengambil posisi miring, dan suami berbaring menghadap ke tubuh Anda. Penetrasi dilakukan dari belakang saat Anda berdua berbaring miring.

Woman on top

Ini bisa menjadi posisi yang memuaskan selama akhir kehamilan. Namun pastikan penetrasi tidak memasuki Anda terlalu dalam.

Tepi tempat tidur

Cobalah telungkup di tepi tempat tidur, dengan kaki terbuka dan telapak kaki di lantai. Pastikan perut tidak tertekan. Sedangkan suami dapat berdiri atau agak membungkuk di atas Anda. Posisi ini memungkinkan penetrasi terjadi lebih dalam, jadi mintalah pada suami untuk pelan-pelan.

Bercinta di sofa

Berlututlah di sofa dengan perut menghadap ke belakang. Gunakan lengan Anda sebagai tumpuan. Penetrasi dilakukan dari belakang.