Warga Cilacap fokus bertani buah manggis - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Warga Cilacap fokus bertani buah manggis

Pemerintah Desa Palugon, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah bertekad untuk membangun sentra tiga komoditas unggulan bernilai ekonomi tinggi dan merupakan komoditas ekspor. Tiga komoditas tersebut yakni, kopi, pala dan manggis.

Kepala Desa Palugon, Tasja Suryana mengatakan, dengan ketinggian antara 800-1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), budidaya berbagai komoditas pertanian itu sangat menjanjikan. Miliaran rupiah telah masuk ke desa ini dari tiga komoditas tersebut. “Semuanya cocok. Kalau yang sekarang sudah berkembang adalah kopi, pala dan manggis,” katanya.

Dia mengklaim, manggis Palugon juga sudah dikenal kualitasnya. Bahkan, para pengekspor manggis dari Tasikmalaya pun nyaris sepanjang tahun berburu manggis di wilayah ini. Manggis yang dikenal sebagai buah para Raja di Palugon adalah salah satu yang terbaik di Jawa Tengah dan Jawa Barat. “Katanya kalau manggis Palugon itu bisa membawa manggis dari daerah lain ikut baik. Maksudnya, kalau dicampur dengan manggis Palugon masuknya jadi manggis kualitas baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pala dan manggis Palugon sudah memiliki pangsa pasar khusus sebagai komoditas unggulan berkualitas baik. Harganya pun lebih tinggi dibandingkan dengan manggis-manggis dari wilayah lainnya.

Masalahnya, hingga saat ini belum ada satu pun sentra budidaya kopi, manggis atau pala. Semuanya masih ditanam secara tradisional dan di lahan terpisah. Penaman di satu kawasan terpusat akan membuat Palugon bisa mengembangkan agrowisata.

Tiga komoditas ini sangat mudah ditemukan di pekarangan rumah penduduk, atau kebun-kebun pinggir jalan. Sejak berpuluh tahun lalu, tiga komoditas ini menjadi andalan desa Palugon. “Rencananya begitu, akan ditanam di sebuah kawasan sehingga memungkinkan dikembangkan menjadi agrowisata,” ucapnya.

Selain tiga komodtas tersebut, potensi durian Palugon juga besar, Bahkan, menurut dia, durian Palugon bercita rasa khas. Durian manis, legit dengan rasa pahit yang sangat kentara. Citarasara ini menurut dia sangat digemari oleh pecinta durian.