5 Penderita Penyakit Ini Waspada Jika Mengkonsumsi Bawang Putih - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penderita Penyakit Ini Waspada Jika Mengkonsumsi Bawang Putih

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Bawang putih merupakan rempah-rempah yang umum atau bahkan sudah menjadi bahan pokok di dapur. Dengan menggunakan bawang putih maka rasa makanan akan menjadi lebih lezat.

Dikutip dari hellosehat.com (14/02/2020) Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis.

Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram. Maka, per 100 gram berambang putih kira-kira mengandung:

Selain sudah menjadi rempah-rempah yang wajib ada di dapur ternyata bawang putih juga mengandung banyak mineral yang peting untuk tubuh seperti kalsium, zat besi , yodium dan belerang yang berfungsi untuk memerangi penyakit seperti menurunkan tekanan darah, melawan infeksi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Dibalik manfaatnya yang begitu banyak, ternyata bawang putih juga bisa mengakibatkan dampak negatif bagi tubuh kita jika tidak dikonsumsi secara benar dan tidak cocok untk dikonsumsi oleh orang yang menderita beberapa penyakit berikut.

1. Penderita liver

Mengkonsumsi bawang putih apalagi secara mentah akan berakibat buruk bagi kesehatan liver yang biasa disebut toxisitas liver. Untuk mengurangi dampak tersebut ketika mengkonsumsi bawang putih mentah kalian dapat mencampur atau menambahkan madu.


2. Diare dan sakit perut

Hal ini disebabkan karena saat mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan perut kosong dan setelah makan bawang tidak disusul dengan makanan yang lain. Sehingga hal itu mengakibatkan gas berlebih. Hal itulah yang menyebabkan penyakit diare. Sebaiknya mengkonsumsi bawang putih setelah makan atau makan bawang putih setelah 15 menit disusul dengan makanan biasa.


3. Memperparah pendarahan

Bagi seseorang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah sangat tidak disarankan untuk menkonsumsi bawang putih serta obat-obatan herbal yang berfungsi untuk mengencerkan darah. karena hal tersebut akan memperparah pendarahan yang dialami. Dan sebaiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter anda tentang obat yang anda koonsumsi serta larangannya.


4. Penderita penyakit lambung

Bawang putih mentah sangat tidak disarankan untuk untuk dikondumsi oleh penderita maag atau yang mempunyai luka lambung. Jika anda tetap ingin mengkonsumsinya pastikan bawang putih yang ingin andda konsumsi harus sudah dimasak atau dicampur dengan madu


5. Penderita tekanan darah rendah

Penderita tekanan darah rendah akan merasakan pusing atau migran setelah mengkonsumsi bawang putih secara mentah. Oleh sebab itu jika ingin mengkonsumsi bawang putih campurkanlah dengan madu;