5 Perubahan Gairah Seks yang Terjadi Saat Hamil - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Perubahan Gairah Seks yang Terjadi Saat Hamil

Meskipun pengalaman tiap orang berbeda, tetapi secara umum dorongan seksual perempuan akan naik turun sepanjang masa kehamilan.

Ada beberapa perubahan dalam tubuh yang umum terjadi, misalnya pada dorongan seks, suasana hati, berat badan, kebiasaan makan, dan pola tidur yang cenderung berubah. Mudah-mudahan dalam kasus Moms, semuanya jadi lebih baik, ya.

Terkait aman atau tidaknya seks saat hamil, dilansir dari Mayo Clinic, bayi yang sedang berkembang dilindungi oleh cairan ketuban di dalam rahim dan juga otot-otot kuat rahim itu sendiri.

Sehingga, aktivitas seksual tidak akan memengaruhi bayi dalam perut Moms asalkan tidak mengalami komplikasi seperti persalinan prematur atau masalah plasenta.

Gairah Seks Selama Hamil

Lantas, apa saja perubahan gairah seks yang terjadi saat Moms sedang hamil?

1. Hormon Akan Naik Turun


Pada trimester pertama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron Moms meningkat.

Gejala-gejala pada awal kehamilan bisa menurunkan hasrat seksual Moms karena adanya perubahan hormon, merasa lelah, mual, dan payudara jadi sensitif.

Lalu, pada trimester kedua, gejala di atas akan berkurang dan peningkatan gairah seks mungkin mulai muncul. Moms akan merasa lebih energik dan kembali seperti diri sendiri.

Pada trimester ketiga, penambahan berat badan, nyeri punggung, dan gejala lainnya bisa kembali mengurangi gairah seks Moms.

Tapi perlu diingat bahwa tubuh setiap perempuan selama kehamilan berbeda dan tidak akan sama persis seperti orang lain.

Beberapa Moms mungkin akan mengalami gairah seks yang tinggi, sementara yang lain sebaliknya.


2. Payudara Lebih Sensitif dan Aliran Darah Meningkat


Selama kehamilan, aliran darah akan meningkat terutama ke organ seksual, payudara, dan vulva.

Dengan adanya peningkatan aliran darah ini, gairah dan sensitivitas pun akan meningkat.

Selain itu, Moms pun bisa memiliki pengalaman seksual yang lebih menyenangkan dengan Dads.

3. Orgasme Lebih Mudah


Selama hamil, akan ada lonjakan estrogen, progesteron, kortisol, dan testosteron. “Semua ini akan membantu meningkatkan lubrikasi, sensitivitas, dan respon seksual,” ujar dr. Adeeti Gupta, MD, FACOG, ob-gyn bersertifikat di New York City.

Karena aliran darah pun meningkat ke zona-zona sensitif seksual, maka tak heran kalau kehamilan bisa membuat gairah seks Moms meningkat dan orgasme jadi lebih mudah.

Selain itu, menurut dr. Gupta, kecuali bila ob-gyn Moms mengatakan sebaliknya, seks selama kehamilan dalam posisi apapun yang nyaman bagi Moms akan sangat aman.


4. Moms Akan Mengalami Kebebasan Emosional


Kehamilan merupakan waktu yang unik dalam kehidupan seorang perempuan.

Saat hamil, kebanyakan Moms mengabaikan kesadaran tubuh, obsesif tubuh, dan bersikap santai terhadap tubuh mereka yang sedang bertumbuh. Karena Moms bukan menggendut, melainkan sedang hamil.

Saat hamil juga Moms tidak perlu stres tentang kontrasepsi, sehingga keintiman selama berhubungan seks bisa lebih intens karena Moms yang lebih santai dan lebih rileks. Fokuskan diri pada hal positif dan terimalah perubahan yang terjadi.

Dengan begini, kehidupan seks Moms akan jadi lebih sehat, tingkat stres lebih rendah, dan pada akhirnya tubuh jadi lebih sehat untuk bayi di dalam perut.

5. Libido Mungkin Akan Meningkat


Banyak perempuan hamil mengalami peningkatan libido di akhir trimester pertama dan kedua.

Seiring dengan peningkatan libido ini, muncul peningkatan pelumasan vagina dan klitoris hipersensitif karena aliran darah ke genital meningkat.

Untuk itu, manfaatkanlah waktu ini bersma pasangan Moms. Seks selama hamil adalah cara terbaik untuk bisa tetap terhubung secara mental, emosional, dan fisik.


Moms, itulah 5 perubahan gairah seks yang terjadi saat Moms sedang hamil. Apakah Moms sudah mulai merasakannya? Perlu diingat lagi, tubuh setiap orang pun berbeda.
close