8 Tanaman Hias ini Bisa Menyerap Racun di Udara - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tanaman Hias ini Bisa Menyerap Racun di Udara

Memilih jenis tanaman yang benar bisa membuat udara jadi lebih bersih loh. Tidak hanya memperindah, tanaman hias di rumah juga membuat kesehatan paru-paru penghuninya semakin sehat.

Dari studi yang dilakukan NASA, beberapa tanaman hias bisa menghilangkan debu, racun, dan bakteri yang ada di perkakas, furnitur, dan udara. Karena itu, pilihlah tanaman hias yang benar supaya detoks udara menjadi lebih optimal, seperti yang ada di bawah ini.

1. Barberton daisy


Tanaman hias yang mempunyai bunga cantik berwarna cerah ini bisa menghilangkan zat racun di udara. Beberapa racun seperti benzene, formaldehyde, dan trichlorethylene bisa dengan mudah diusir oleh barberton daisy.
Saran perawatan: Taruhlah tanaman ini pada ruang dengan cahaya yang cukup banyak. Jaga juga kelembapan tanah dari barberton daisy ini yah.

2. English ivy


Tanaman ini terbilang sangat mudah untuk dirawat. Apalagi English ivy bisa mengurangi udara kotor dan memerangi jamur di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tanaman hias ini sangat pas untuk berada di kamar mandi.

Saran perawatan: berikan English ivy sinar matahari langsung selama empat jam dan air yang berlimpah.

3. Lidah mertua


Kualitas tidur akan semakin baik ketika kamu menaruh lidah mertua di dekat tempat tidur. Tanaman ini mengeluarkan oksigen di malam hari sehingga tidur akan semakin nyenyak.

Saran perawatan: lidah mertua adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air.

4. Krisan


Dapur bisa menjadi ruangan yang pas untuk menaruh krisan ini. Hal ini karena tanaman ini bisa menghilangkan benzene dan ammonia yang ada di lem, detergen, dan plastik. Selain dapur, krisan juga bagus jika ada di ruang keluarga.

Saran perawatan: krisan sangat mencintai sinar matahari, jadi tak ada salahnya menaruhnya di dekat jendela.

5. Lidah buaya


Sudah sejak lama lidah buaya dikenal memiliki manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah menghilangkan luka bakar, menyuburkan rambut, mengusir panas dalam, dan membersihkan udara.

Saran perawatan: kamu hanya perlu menaruh lidah buaya di tempat yang bercahaya.

6. Spider plant


Suka merasa pusing? Kalau iya, cobalah menanam spider plant di rumahmu. Tanaman ini ampuh menghilangkan racun dengan aroma yang menyengat seperti xylene dan karbon monoksida.

Saran perawatan: karena mudah merawatnya, kamu bisa menanam spider plant dalam pot atau menggantungnya.

7. Sri rejeki atau Chinese evergreen


Sri rejeki atau dikenal juga dengan nama Chinese evergreen terbukti bisa menetralkan racun benzene dan formaldehyde yang berasal dari kosmetik dan detergen.

Saran perawatan: tempatkan sri rejeki di daerah yang lembap dan cahaya rendah

8. Beringin hias atau weeping fig


Berasal dari Australia dan Asia Tenggara, beringin hias cukup gampang dirawat dan bisa tumbuh sangat tinggi lho. Meski begitu, tanaman hias ini dapat menghilangkan benzene, trichlorethylene, dan formaldehyde.

Saran perawatan: taruhlah beringin hias di tempat yang terang tapi jangan terkena sinar matahari langsung ya.