Benarkah Seks Dapat Membasmi Virus Corona? - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Seks Dapat Membasmi Virus Corona?

Wabah COVID-19 yang menjangkiti hampir 100 ribu orang hanya dalam waktu 2,5 bulan telah menimbulkan kepanikan massal. Tak ayal kondisi ini dimanfaatkan sejumlah oknum untuk menyebarkan berita palsu.

Berbagai hoaks beredar cepat di masyarakat melalui media sosial. Salah satunya adalah hoaks yang menampilkan CNN International memberitakan seks mampu mengatasi virus corona.


Dubawa
Dalam gambar yang beredar di media sosial, terlihat pembawa berita CNN Wolf Blitzer menyampaikan berita berjudul 'Seks Rutin Basmi Virus Corona'. Tak ayal banyak yang terkecoh dengan gambar tersebut.

Menurut sebuah laman cek fakta 'Dubawa', gambar tersebut adalah hoaks. Selain menyebutkan seks, ada juga gambar serupa dengan judul berita 'Alkohol Bunuh Virus Corona'. Artinya, gambar tersebut layaknya 'bingkai' di mana tulisan judulnya bisa diganti. Selain itu, laman cek fakta lainnya, Pesacheck, menemukan perbedaan jenis huruf yang digunakan dibandingkan dengan gambar dari CNN asli

Dubawa
Sementara itu, WHO menekankan virus corona menular lewat jarak yang dekat dan cairan tubuh. Hubungan seks sendiri memerlukan kontak tubuh jarak dekat dan terjadi interaksi dengan cairan tubuh. Terkait alkohol, memang disarankan mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau antiseptik tangan berbasis alkohol untuk membunuh virus corona. Jadi, tidak ada kaitannya dengan minuman beralkohol.

Selain lewat seks, para ilmuwan juga menyatakan virus corona menular lewat percikan liur yang terciprat saat batuk, bersin, tertawa, menyanyi, bicara, bahkan bernapas. Dilansir dari Mirror, agar bisa masuk ke dalam sistem tubuh, virus ini harus masuk lewat hidung, mata, atau mulut. Bahkan, bicara berhadapan atau berbagi makanan juga berisiko tertular.

Itu sebabnya, sebaiknya seseorang berdiri minimal 1 meter dari lawan bicaranya. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan jarak 2 meter juga masih berisiko tinggi.