Doamu Akan Sulit Terkabul Jika Melakukan Hal Ini - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doamu Akan Sulit Terkabul Jika Melakukan Hal Ini

Doa adalah salah satu senjata terampuh umat islam. Dengan berdoa berarti umat islam menyatakan bahwa ia bukanlah apa-apa dan bukan siapa-siapa di depan Allah. Berdoa berarti berserah dan berpasrah kepada Allah dan meyakini hanya Allah yang Maha Segalanya dan hanya Allah saja yang patut dimintai pertolongan.

Meskipun demikian, ternyata tidak semua doa akan mudah dikabulkan. Ada hal-hal yang akan membuat seseorang sulit dikabulkan doanya. Untuk itulah di artikel ini admin ingin memberikan penjelasan tentang hal yang bisa menghambat terkabulnya doa. Semoga saja tulisan ini mampu memberikan kebaikan bagi segenap sahabat pembaca. Selamat membaca!

Dikutip dari sebuah ceramah singkat Ustadz Adi Hidayat, Beliau menjelaskan bahwa ada sebagian orang yang doanya akan sulit dikabulkan. Doa itu tidak akan bisa menembus langit karena terhalang oleh hal-hal yang dilakukannya. Hal tersebut adalah karena dia berdoa dengan pakaian yang haram, makanan yang haram, minuman yang haram serta rizki yang haram.

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam sebuah hadist Nabi Muhammad yang mengkisahkan tentang seorang yang bepergian jauh dnegan rambutnya yang kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, ‘Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku,’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi kecukupan dengan yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan?

Berikut ini adalah hadist lengkap yang dimaksud:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda: “Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan kepada kaum mukminin seperti yang Dia perintahkan kepada para rasul. Maka, Allah Ta’ala berfirman, ’Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan’ –al-Mu’minûn/23 ayat 51- dan Allah Ta’ala berfirman,’Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki yang baik yang Kami berikan kepada kamu’ –al-Baqarah/2 ayat 172- kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan orang yang lama bepergian; rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, ‘Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku,’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi kecukupan dengan yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan?”
Ustadz Adi Hidayat pun menghimbau agar kita sebagai muslim harus berhati-hati dalam mencari rizki. Jangan sampai kita memberi makan dan minum, memberikan pakaian dan nafkah kepada keluarga dengan harta yang haram sebab akan membuat Rahmat Allah sulit turun kepadanya. Salam membaca dan salam inspirasi!