Gejala awal penyakit liver - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala awal penyakit liver

menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong organ liver memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Organ yang memiliki berat 1,3 kilogram ini bertanggung jawab terhadap fungsi pencernaan, metabolisme, daya tahan tubuh, hingga produksi sel darah.

Liver yang rusak bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit hati. Diantaranya :

Alcoholic liver disease (ALD), yakni perlemakan hati yang disebakan kebiasaan konsumsi alkohol.

Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD), perlemakan hati yang disebabkan non-alkohol. Misalnya karena kolesterol tinggi, obesitas, atau penyakit diabetes.
Sirosis hati, perubahan struktur hati akibat liver yang rusak dan dibiarkan terus-menerus.

Melansir klikdokter.com (30/11/18), menurut KV Narayanan Menon, MD, direktur medis transplantasi hati di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, kepada Wall Street Journal, ada beberapa tanda liver rusak yang harus diwaspadai.


1. Gatal tanpa henti

Waspadalah kalau terus-menerus merasa gatal tapi tanpa sebab jelas karena bisa jadi indikator liver sudah bermasalah. Menurut Dr. Narayanan, hal ini disebabkan saluran empedu rusak.

2. Gampang capek

Capek setelah berolahraga sih normal. Tapi kalau rasa capek atau lelah itu terus-menerus terjadi, harus hati-hati karena menandakan tubuh mengidap penyakit. Salah satunya penyakit liver.

3. Perut bengkak

Segera ke dokter kalau mendapati perut yang tiba-tiba menggelembung dan ukurannya makin besar dari waktu ke waktu. Menurut Dr. Narayanan hal tersebut bisa jadi tanda kerusakan hati. Adanya peningkatan pada pembuluh darah di sekitar hati memicu penumpukan cairan pada perut sehingga perut membengkak.

4. Jaundice

Mata atau kulit serta kuning merupakan tanda penyakit hati yang paling spesifik. Jika sudah terdapat tanda ini, langsung ngibrit deh ke dokter.

5. Keturunan

Penyakit hati bisa juga karena faktor keturunan. Kalau dalam anggota keluarga ada yang meninggal karena penyakit hati atau kanker hati, disarankan memeriksakan diri ke dokter.

Supaya liver atau hati kondisi kesehatannya tetap terjaga, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) dari KlikDokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Yakni hindari makanan asin-asin atau tinggi garam serta makanan/minuman manis (tinggi gula). Hindari pula konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang karena bisa berdampak pada liver.
close