Kisah Katak yang Sombong dan Kolom Kecilnya - Navigasi Berita a -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Katak yang Sombong dan Kolom Kecilnya

Kisah ini tentang seekor katak yang hidup di sebuah kolam kecil, hidupnya terasa begitu indah. Dia menjalani harinya dengan penuh kegembiraan, segala kebutuhannya terpenuhi, mulai dari nyamuk, lalat, dan belalang kecil siap menjadi santapannya. Katak ini sangat mencintai tempat tinggalnya dan tidak akan pernah meninggalkan kolom kecilnya ini.

Singkat cerita terjadilah sebuah banjir besar dan membuat sang katak hanyut ke pinggir sebuah pantai. Dipinggir pantai sang katak melihat penyu yang hendak berenang menuju lautan luas.

Melihat sang penyu katak pun menegur dan berkata, "hey penyu, hendak kemana engkau? Apakah engkau tidak melihat laut itu tidak ada apa-apanya dengan kolomku yang bisa memberikanku segala macam kebutuhan. Kalau kau ingin kenyang, mari ikut denganku menuju kolomku."

Sontak si penyu berbalik badan dan menjawab ajakan si katak, "kau baru pertama kali melihat laut ya? Tahukah kau laut itu adalah sebuah kebebasan hakiki. Engkau tidak pernah bisa mencapai dasar laut, tapi engkau bisa mencapai tempat jauh di seberang sana melalui laut."

"Dengan laut engkau bisa bebas berenang kemana saja dan bisa makan apa saja di laut tanpa takut kelaparan." Sambung penyu sembari meninggalkan katak yang sombong.

Katak hanya bisa terdiam, mulutnya terbuka lebar matanya terbelalak coba meresapi begitu luasnya laut, dengan keindahan biru yang terhampar di depannya. "ternyata ada yang lebih indah dari kolom kecilku," Ujar kata membathin sambil meringis.

Pesan moral, bersyukur dengan apa yang ada saat ini perlu, tapi kita juga di tuntut untuk selalu berwawasan luas dalam pergaulan dan siap dengan dunia luar. Jangan seperti katak yang selalu dalam kolam kecilnya. Jangan cepat berpuas diri, bukan berarti harus serakah.

Jika konten ini bermanfaat jangan lupa di ikuti, like, share atau dibagikan kepada teman-teman ya, biar temannya juga kebagian dan mimin juga bisa menilai tingkat kepuasan pembaca.

Jika ada yang ingin request tema silahkan tulis di kolom komentar. Biar mimin tidak kehabisan ide-ide. Terimakasih, wassalam.